Loading...

Tips Mengajari Matematika Untuk Anak

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Keluarga, Pendidikan

mengajari anak matematika

TERUSKAN.COM – Matematika adalah mata pelajari yang sering dijadikan momok bagi anak-anak, kesulitan memahami rumus membuat pelajaran satu ini menakutkan dan paling anti dipelajari anak-anak. Padahal matematika umumnya digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, mengajari anak untuk menyukai matematika bukan prakara mudah.

Akan tetapi, anda masih bisa mengajari matematika pada anak kesayangan dengan beberapa tips berikut.

Loading...

Membuka Kecintaan Pada Matematika

Berkutit dengan sesuatu harus didasari dengan rasa, baik rasa suka, sayang, maupun cinta. Hal pertama sebelum mengajari anak matematika adalah membuka rasa tersebut. Anda dapat mengenalkan matematika bermanfaat untuk apa di dalam kehidupan dengan pelan-pelan.

Tanamkanlah dalam pikiran anak anda bahwa matematika itu suatu hal yang bermanfaat, indah, menarik serta sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan. Untuk rumusnya yang rumit buatlah menjadi gampang untuk dipelajari.

Menggunakan Cara Yang Menyenangkan

Tahap kedua yang anda bisa ajarkan ke anak adalah rasa senang. Untuk menguasi rumus matematika, ada tekniknya. Anda tidak perlu menggunakan teknik yang sulit, cukup membuat matematika menjadi menyenangkan.

Misalnya, anda memberi uang jajan kepada anak kemudian besoknya anda bertanya sisa berapa uang jajan anak anda. Secara tidak langsung anak anda akan belajar menghitung dengan menyenangkan. Jangan lupa menjelaskan kepada anak anda.

Niat 

Niat dapat mengalahkan segalanya, jika tujuan anda untuk mengajari anak mencari ilmu, bukan hanya melacak nilai boleh anda berikan pengertian ke anak anda. Selain itu anda dapat menjelaskan kebaikan belajar matematika, yaitu mampu mengasah daya nalar otak dengan baik hingga gampang untuk terima pelajaran yang lain.

Menggunakan Logika

Matematika sebaiknya menggunakan logika, jika tidak maka akan seperti kalkulator. Dengan demikian anak anda akan malas menggunakan otaknya untuk berpikir oleh karena itu diperlukan pemahaman yang benar perihal matematika.

Pergunakan Simbol 

Matematika yang memiliki prinsip bentuk abstrak ( tidak nyata ) akan mempermudahkan anda mengajari anak dengan simbol. Anak anda akan lebih cepat mengerti jika menggunakan symbol yang dapat dipegang, dirasakan, dan dilihat hingga dapat mewujudkan dalam bentuk nyata agar anak dapat dengan gampang mengerti matematika.

Banyak Latihan

Matematika harus terus dilatih, semakin seringdilatih niscaya kemampuan anak anda akan bertambah. Latihan yang dapat dilakukan tidak mesti beruntutan, cukup seminggu 2 sampai 3 kali. Anda harus pandai membuang rasa malas untuk belajar dan berlatih. Maka dari itu diperlukan bimbingan anda untuk kedisiplinan dan kekonsistenan saat mempelajari matematika.

Secara garis besar matematika adalah ilmu kalkulasi, pasti dapat makin baik belajar ilmu kalkulasi dengan berlatih mengkalkulasi dengan rajin. Perbanyaklah anda memberikan pembahasan soal-soal, dikarenakan bila anak anda telah punya kebiasaan,

Buang jauh Kata Putus Asa

Mengajari anak untuk pelajaran matematikan harus memerlukaan tenaga dan waktu yang ekstra. Tak jarang anak anda akan cepat putus asa, di sisnilah anda memberikan semangat untuk tidak putus harapan.

Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat kerap didapati semua orang termsuk anak-anak yang berupaya untuk mendapatkan suatu hal. Hindarilah sejauh barangkali kata putus harapan, saat anak mendapatkan masalah yang rumit, maka segera memberikan bantuan.