Loading...

Ini Tips Dan Cara Mengatasi Phobia Kehamilan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Cara Mengatasi Phobia Kehamilan

TERUSKAN.COM – Kehamilan adalah pengalaman yang paling menarik dalam kehidupan seorang wanita. Tetapi, setidaknya ada persentase tertentu dari wanita yang mungkin bertanya-tanya apa istimewanya suatu kehamilan.

Tidak hanya itu, sebagian bahkan tidak pernah benar-benar berpikir untuk hamil dan memiliki anak. Menurut pendapat mereka, kehamilan adalah suatu pengalaman yang mengerikan, inilah apa yang orang sebut phobia terhadap kehamilan atau tokophobia.

Loading...

Phobia kehamilan adalah suatu kondisi dimana perempuan memiliki rasa takut untuk hamil dan melahirkan anak.

Phobia ini terbagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu primer, dimana seorang wanita merasakan takut akan hamil meskipun tidak memiliki pengalaman nyata yang berkaitan dengan kehamilan. Dan yang kedua adalah sekunder, ini biasanya dialami oleh para wanita yang selalu memiliki rasa takut terhadap kehamilan karena trauma akan pengalaman melahirkan yang menyakitkan sebelumnya.

Phobia kehamilan memiliki berbagai tingkat keparahan yang berbeda pada setiap wanita. Hal ini biasanya dimulai pada masa remaja dan terus tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Jika tidak diobati, tokophobia dapat menyebabkan depresi dan kecemasan di masa depan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa tips untuk mengatasi phobia kehamilan ini:

Dukungan

Jika pasangan Anda mengalami tokophobia, penting untuk memberikan dukungan yang besar. Jangan pernah mencoba untuk mengolok-olok dirinya, cobalah untuk memahami bahwa setiap orang mungkin memiliki phobia yang berbeda.

Diskusikan dan bicarakan dengan baik bahwa kehamilan adalah sesuatu yang penting, usahakan pasangan Anda mengerti bahwa kehamilan dapat memberikan kebahagiaan luar biasa.

Pemahaman

Satu hal yang penting dalam hubungan rumah tangga adalah memiliki komunikasi yang transparan dengan pasangan Anda dan mencoba untuk memahami apa titik atau tahap kehamilan yang membuatnya takut.

Beberapa wanita khawatir bahwa janin di dalam rahim mereka akan tumbuh tidak normal, sementara beberapa yang lain menginginkan seorang bayi, tetapi takut merasakan sakit saat melahirkan. Memahami kekhawatiran pasangan akan membantu Anda merancang strategi yang benar untuk mengatasi phobia kehamilan yang dialaminya.

Mencari tahu

Daripada menghabiskan waktu dengan dunia imajiner, cobalah untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang proses-proses kehamilan. Hindari mencari informasi pada forum-forum pembicaraan di mana orang terkadang mengatakan hal-hal mengerikan tentang kehamilan.

Jadilah positif

Setiap wanita harus melalui proses kehamilan dan melahirkan jika mereka ingin memiliki anak. Tanamkan pikiran positif bahwa ada begitu banyak wanita yang mengalami kehamilan dengan proses melahirkan yang aman.

Apalagi rasa nyeri yang dirasakan saat melahirkan hanya akan berlangsung sehari, tidak untuk selamanya. Sesaat setelah Anda melihat bayi Anda, maka semua rasa sakit seakan terbayar lunas.

Keyakinan

Hal terbaik yang akan membuat Anda terus berpikir positif adalah keyakinan Anda dalam melalui semua tahap kehamilan dengan aman. Tapi, karena hal ini membutuhkan faktor mental atau emosional, maka proses tersebut tidak semudah seperti yang dikatakan.

Anda harus bersabar dan harus dapat mencoba metode yang berbeda untuk menemukan cara terbaik untuk merasa yakin dan selalu percaya bahwa segalanya akan baik-baik saja.

Nasihat medis

Akan ada kondisi dimana Anda harus mencari dukungan dari pihak medis profesional. Jangan merasa malu untuk melakukan hal ini karena Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah tersebut. Sebuah konseling profesional mungkin merupakan ide terbaik untuk mengatasi phobia terhadap kehamilan pada sebagian besar wanita.

**

Jadi, cobalah tips-tips di atas untuk mengatasi phobia kehamilan guna memiliki kehamilan yang baik dengan pikiran yang tenang.