Loading...

7 Kebaikan Tidur Malam Tanpa Cahaya

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Menikmati waktu istirahat di malam hari adalah kebutuhan wajib semua orang, waktu istirahat setiap berbeda-beda. Gaya dan ciri tidur setiap orang pun juga berbeda-beda. Hanya satu gaya tidur yang baik adalah tidur 8 jam setiap harinya dan tanpa menggunakan cahaya lampu.

Banyak orang yang takut akan gelap, jadi memilih untuk menghidupkan lampu sepanjang malam. Padahal efek samping pemakaian cahaya semalaman tidak baik. Coba saja anda hidupkan semua lampu di rumah anda, biaya tagihan listrik anda akan membengkak dan kesehatan anda pun terganggu.

Tidur tanpa cahaya sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan di dunia, karena di dalam tubuh manusia terdapat hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit.

Loading...

Setiap manusia mempunyai hormon ini, hanya saja hormon ini tidak akan berproduksi bila anda tidur menggunakan cahaya lampu di malam hari. Jika anda sayang dengan kesehatan tubuh sendiri, sebaiknya membantu metabolisme hormon melatonin tidur dalam kegelapan atau matikan lampu sebelum tidur malam.

Kebaikan tidur malam tanpa cahaya yang dapat anda rasakan dapat disimak pada ulasan di bawah ini:

7 Kebaikan Tidur Malam Tanpa Cahaya

Mengurangi Depresi

Masyarakat banyak berpikir depresi dari tekanan di lingkungan sosial, seperti tempat sekolah, tempat kampus, lingkungan kantor, dan tempat lainnya.

Perlu anda ketahui kebaikan yang dapat anda rasakan saat tidur tanpa cahaya lampu secara signifikan adalah mampu mengurangi tingkat depresi yang dapat anda alami ketika menjalani aktivitas anda sehari-hari. Percaya tidak percaya sinar yang terkena mata akan membuat anda merasa tidak rileks saat beristirahat.

Tidur Lebih Cepat Dan Mudah

Penyakit insomnia terjadi akibat cahaya lampu yang terlalu terang, untuk menghilangkan insomnia anda bisa dilakukan dengan mematikan lampu sehingga akan lebih cepat memproses tidur jika dibandingkan dengan tidur dengan cahaya lampu yang masih terang.

Meningkatkan Otak Serta Menjauhkan Pikun

Dampak positif dari tidur tanpa cahaya adalah untuk meningkatkan kerja otak dan menghambat sifat lupa atau pikun. Kepikunan terjadi diakibatkan kinerja otak terganggu dan otak akan lambat menerima signal. Untuk itu bagi anda yang menginginkan kinerja otak meningkat dan rasa pikun berkurang atau musnah, solusi mudahnya dengan tidur tanpa cahaya lampu.

Mengurangi Obesitas

Obesitas menjadi ketakutan yang umumnya dialami kaum hawa, berbagai cara akan dilakukan untuk mengurangi bahkan menjauhkan dari obesitas. Anda tidak perlu repot dan bingung untuk mengurangi obesitas, cukup tidur tanpa cahaya saja. Kebaikan ini akan anda rasakan berkala.

Produksi Hormon Melatonin

Hormon yang biasanya keluar saat manusia tidur adalah hormone melatonin. Manusia mampu memproduksi hormon melatonin dengan maksimal apabila tanpa cahaya lampu dan akan semakin lebih baik untuk mengusir penyakit. Hormon melatonin ini diibaratkan seperti obat alami yang ada di dalam tubuh manusia.

Meredakan Emosi

Apakah anda mudah marah? Kemungkinan besar diakibatkan anda tidur menggunakan lampu sehingga anda belum bisa mengkontrol dan menstabilkan emosi dibandingkan dengan tidur menggunakan cahaya lampu.

Meringankan Stres Dan Bad Mood

Meringankan strees dan bad mood mudah saja, asalkan anda memang niat. Kebaikan dari tidur tanpa menggunakan cahaya lampu inilah yang akan membuat anda merasa nyaman. Keseringan bad mood tiba-tiba, tidak akan sedap dilihat.

Rekan-rekan anda juga lama-kelamaan akan risih, jadi mulailah tidur tanpa cahaya. Jika anda belum bisa, boleh menggunakan lampu remang-remang dan secara bertahap matikan lampu dengan utuh.