Loading...

Memilih Pewarna Makanan Alami dari Alam

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan, Resep

TERUSKAN.COM – Membuat makanan yang lezat sudah biasa, namun perlu rasanya menambahkan warna yang cantik di makanan yang anda masak. Warna yang dapat anda tambahkan adalah warna alami yang dapat dibuat sendiri di rumah. Pewarna alami merupakan bahan pewarna yang bahan-bahannya banyak diambil dari tumbuh-tumbuhan, untuk memberikan penampilan yang menarik pada makanan atau minuman. Selain murah, juga aman bagi kesehatan keluarga anda.

Gairah untuk mencicipi hidangan yang berwarna akan menjadi poin utama selain rasanya. Akan tetapi, anda perlu waspada saat membeli perwarna di pasaran, jangan salah pilih pewarna makanan, banyak makanan yang dicurigai menggunakan bahan pewarna tekstil. Terlebih di bulan puasa seperti ini, beragam makanan warna warni dijual di pasar tradisional ataupun supermarket.

Jika anda mau teliti, alam memberi begitu banyak sumber pewarna makanan alami yang bahkan tidak mengubah rasa makanan. Anda dapat memanfaatkan alam sebagai pewarna alami makanan dan minuman anda. Yuk simak pewarna makanan alami yang mana saja yang bisa anda manfaatkan.

Loading...

Memilih Pewarna Makanan Alami dari Alam

Warna Merah

Jika anda menginginkan warna merah untuk makanan atau minuman anda supaya menarik, seperti mie, pasta, masakan yang ada dagingnya, kue, puding, ice cream, dan lain sebagainya, anda memerlukan bahan alami dari buah ceri merah segar, stroberi, angkak (bumbu yang digunakan pada chinesse food), cabai merah, paprika merah, dan buah naga merah.

Selain aman, rasa dari pewarna alami ini juga bisa anda campurkan sesuai selera dan jenis masakan yang akan anda dibuat untuk orang-orang tersayang.

Warna Kuning Emas

Untuk mendapatkan warna kuning emas anda bisa gunakan kuning telur ayam kampung (yang berwarna merah), ubi mentega, kulit jeruk lemon, kunyit, dan vanili segar (isi batang vanili). Makanan dan minuman yang bagus diberikan pewarna kuning emas ini adalah mie, pasta, kue tradisional, cake, puding, dan minuman penyegar.

Warna Hijau

Warna hijau sangat mudah dicari di alam Indonesia, berbagai tumbuhan hijau sebenarnya dapat anda gunakan seperti daun sawi, brokoli, daun suji, daun pandan, dan jenis tumbuhan yang lainnya. Selain anda mendapatkan warna hijau yang menarik, warna hijau dari tumbuhan ini juga bermanfaat bagi kesehatan anda.

Jadi ada dua keuntungan menarik dan sehat, sama seperti pewarna lainnya warna ini baik digunakan untuk beragam makanan dan minuman.

Warna Coklat

Anda dapat menggunakan bubuk coklat dan gula aren sebagai pewarna alami untuk kue coklat yang disukai anak-anak, ice cream dan puding.

Oranye

Warna untuk pembuatan mie, pasta kue tradisional, cake, minuman penyegar, dan lain-lain menggunakan bahan alami dari ubi jalar merah, labu parang, wortel, jeruk mandarin, dan jeruk yang lainnya.

Warna Hitam

Pernahkah anda menikmati mie atau pasta dengan warna hitam yang pekat? Perlu anda ketahui warna yang digunakan adalah tinta cumi yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Warna Ungu

Sumber pewarna ungu berasal dari talas ungu dan ubi ungu yang membuat makanan atau minuman semakin enak, sehat, dan sedap di pandang mata.

Warna Nila

Warna biru keunguan atau yang sering disebut warna nila berbuat dari blueberry segar. Warna ini jarang digunakan atau ditambahkan ke dalam masakan dan minuman, namun anda boleh menambahkan warna alami ini untuk hidangan anda.