Loading...

7 Makanan Untuk Mengurangi Migrain

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Rasa kelelahan akan muncul saat aktivitas yang terlampau padat menggerogoti anda, berbagai penyakit akan datang salah satunya adalah pusing atau migrain. Pusing atau migrain merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum dirasakan masyarakat di Indonesia.

Migrain terjadi dalam seminggu dua kali, umumnya untuk menguranginya anda langsung meminum obat pil anti migran untuk menyembuhkannya. Masalah sakit kepala diiringi dengan mual, muntah, kemalasan, dan denyut yang dirasakan pada satu sisi kepala dan rasa sakit ini sangat kuat. Interaksi kompleks antara sistem saraf dan sistem vascular dan perubahan dalam sel-sel otak dapat memicu migrain.

Obat penghilang rasa sakit sebenarnya tidak baik untuk kesehatan anda dalam jangka panjang. Ada baiknya anda mengurangi rasa pusing dengan makanan, bukan terus meminum pil atau obat-obatan yang dapat memicu ketergantungan. Jika Anda tidak ingin bergantung pada obat-obatan, anda dapat mencoba pengobatan sederhana dengan memakan makanan yang bisa mengurangi migrain.

Loading...

7 Makanan Untuk Mengurangi Migrain

Inilah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi sakit kepala atau migrain.

Susu

Susu bukan hanya sehat untuk tubuh dan tulang manusia, ternyata ada manfaat lain dari susu, yakni untuk mengurangi migrant. Anda dapat memilih susu skim atau produk susu rendah lemak lainnya bisa efektif untuk menyembuhkan migrain.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam susu mengandung vitamin B, yaitu riboflavin yang meningkatkan energi sel dan mengurangi energi sel memicu migrain. Jadi saat merasakan sakit kepala yang tidak begitu hebat, konsumsilah susu. Sangat disarankan mengonsumsi susu murni bukan bubuk.

Kopi

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat jika secangkir kopi dapat menyembuhkan sakit kepala. Ternyata itu bukan mitos yang mustahil, kandungan kafein yang ada di kopi berperan baik untuk mengurangi sakit kepala. Cukup mengonsumsinya dalam jumlah sedang untuk merasakan manfaat dari kafein yang dapat menyembuhkan migrain.

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki kandungan anti-bakteri sebagai obat traditional untuk sakit kepala. Menambahkan jahe dimakanan dan minuman anda, akan mengurangi rasa sakit kepala sementara dan jika anda rutin mengonsumsinya bisa menghilangkan rasa sakit kepala.

Ikan

Kenikmatan ikan akan mengoyangkan lidah anda, apalagi anda tahu bahwa di dalam kandungan ikan terdapat omega 3, asam lemak, dan vitamin yang membantu menyingkirkan sakit kepala atau migrain.

Omega 3 asam lemak mengurangi peradangan yang disebabkan oleh migrain. Anda dapat merasakan manfaatnya dengan merebusnya, boleh saja menggoreng atau membakarnya. Hanya manfaatnya akan berkurang.

Bayam

Kandungan bayam hijau ini adalah magnesiumnya, di mana magnesium ini baik untuk anda yang ingin mengurangi sakit kepala. Hal ini disebabkan kandungan tersebut efektif untuk menyembuhkan sakit kepala migrain. Konsumsilah bayam saat kepala pusing dan saat tidak mengalami migrain.

Brokoli

Sayuran hijau selanjutnya yang baik untuk mengurangi sakit kepala adalah brokoli, brokoli merupakan sumber yang kaya magnesium. Khasiatnya dapat anda rasakan dengan memakan brokoli rebus atau dikukus dengan cabe rawit  bisa menyingkirkan sakit kepala migrain untuk sementara.

Gandum

Serat, antioksidan, dan mineral yang terkandung di gadum ampuh untuk menghalaukan rasa pusing akbiat sakit kepala. Anda dapat memilih untuk memakan biji-bijian dan millet untuk menyembuhkan sakit kepala Anda.