Loading...

5 Aplikasi Android yang Aman untuk Perkembangan Anak

Penulis: Visyam89 Rubrik: Internet, Teknologi

anak bermain gadget

TERUSKAN.COM – Apa yang telah terjadi sekarang-sekarang ini membuat para orang tua khawatir akan tumbuh kembang sang anak. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin lebih baik dan banyak keuntungannya untuk kehidupan manusia.

Namun, jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya bisa berpengaruh buruk juga, terutama untuk anak-anak. Pada usia balita, anak selalu ingin tahu tentang suatu hal baru yang ia temui.

Loading...

Begitu juga saat orang tua sedang mengotak-atik handphone, tablet, iPhone, dan jenis gadget lain, membuat anak ingin juga belajar dan bisa menggunakan apa yang dipegang orang tuanya.

Dengan tampilan gadget yang warnanya cerah dan mudah menggunakannya hanya dengan menggeser layarnya saja membuat mereka tertarik mencobanya. Akhirnya anda terpikirkan untuk memberikan anak tablet atau gadget sendiri agar tidak mengganggu anda.

Memang dirasa wajar karena baik juga untuk anak mengenal teknologi. Tetapi jika tidak waspada, dapat berbahaya karena pastinya anak anda tidak mau lepas dari gadget tersebut.

Setiap hari pasti lebih banyak waktu yang dihabiskan dengan gadgetnya tersebut, bukan hanya itu saja mereka bisa juga nyasar menuju situs-situs yang tidak tepat untuknya. Selain itu mereka akan malas belajar dan melupakan tugasnya.

Dan pada akhirnya anda akan bingung mencari solusinya, benar bukan?

Agar gadget menjadi teman setia anak anda yang tidak mengganggu aktivitas belajarnya serta tidak berpengaruh buruk pada anak anda, maka pada gadget androidnya sebaiknya didownload dan diinstalkan aplikasi-aplikasi yang mendukung proses tumbuh kembang anak.

Berikut ini adalah 5 aplikasi android yang aman untuk perkembangan belajar anak.

1. Baby Monitor 3G

Dengan menggunakan aplikasi Baby Monitor 3G anda dapat mengawasi, memperhatikan dan melihat ekspresi-ekspresi anak anda ketika memainkan gadget android kesayangan.

Caranya anda menggunakan tablet android yang sudah tidak terpakai lagi, lalu download dan instal aplikasi ini di dalamnya dan sinkronisasikan dengan ponsel anda. Kemudian Baby Monitor 3G akan menayangkan streaming video apa yang dilakukan anak anda.

Aplikasi ini bisa terkoneksi dengan WIFI, LTE maupun 3G sehingga memudahkan anda dalam melakukan pengawasan terhadap anak anda dimanapun berada.

2. Family Locator

Family Locator adalah aplikasi android yang memungkinkan anda untuk menerima kabar tentang anak-anak, keluarga, ataupun teman-teman yang terhubung dengan ponsel anda. Anda akan menerima pemberitahuan tentang keberadaan anak-anak apakah dia selamat atau sedang tersesat.

Siapapun yang terhubung dengan anda dapat mengirim atau menerima pemberitahuan keadaannya bahkan dalam keadaan yang sangat darurat dimanapun mereka berada. Canggih bukan? Jika memang diperlukan segera download dan aplikasikan untuk kehidupan sehari-hari.

3. Hometube

Selain melihat gambar-gambar menarik yang tersedia pada tablet android, anak-anak pasti ingin menonton video yang bisa menghibur mereka. Tentu, anda akan merasa khawatir jika anak-anak melihat video di Youtube, karena banyak video yang belum layak dikonsumsi mereka.

Untuk itu, ada pengganti aplikasi Youtube yang bisa membuat anak anda menonton video yang tepat dan baik bagi perkembangan mereka yaitu Hometube.

Hometube sudah disetting sedemikian rupa sehingga hanya akan ada video yang dikhususkan untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat video yang menarik untuk mereka dan bisa juga sebagai media belajar. Sehingga anda tak perlu khawatir lagi jika mereka meminta menonton video.

4. ICE (In Case of Emergency)

ICE merupakan aplikasi android yang dapat menghubungkan dengan semua petugas keslamatan, seperti : polisi, pemadam kebakaran, petugas medis bahkan memungkinkan juga mereka menghubungi pemilik atau pemegang ponsel saat dibutuhkan bantuannya.

Melalui aplikasi ini, jika anak anda sedang tersesat atau berbahaya, maka orang yang menemukan mereka hanya perlu mengetuk lockscreen widget ICE. Selanjutnya, akan terhubung dengan petugas keselamatan yang dibutuhkan bantuannya.

5. Kids Palace

Aplikasi ini dapat membuat kunci pada data-data pibadi anda yang tidak boleh diakses anak-anak anda. Kids Palace akan melindungi data anda dan memberikan batasan aplikasi yang tidak boleh diakses oleh anak anda sesuai dengan persetujuan anda tentunya.

Dengan menggunakan aplikasi ini anak anda tidak bisa menelpon, sms, chatting atau aplikasi berbayar lainnya yang bisa membuat kantong anda kering. Kids Palace juga dilengkapi dengan fitur app restart sehingga membuat anda tenang ketika secara tidak sengaja anak anda keluar dari launcher.

**

Itulah lima aplikasi android yang harus ada dalam gadget android anak anda. Ingat, anda harus selalu terhubung dengan mereka agar bisa mengontrol mereka kapanpun dan dimanapun berada. Ke-5 aplikasi tersebut akan menghentikan kekhawatiran anda terhadap pengaruh buruk tablet android bagi anak anda.

Semoga bermanfaat.