Loading...

4 Kegiatan Yang Sebaiknya Dihindari Setelah Makan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

kebiasaan buruk setelah makan

TERUSKAN.COM – Setiap orang memiliki beberapa kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Kegiatan tersebut biasanya juga tergantung dengan waktu atau jam makan hingga jenis makanan tertentu.

Mungkin setelah sarapan pagi, ada beberapa dari Anda yang memilih untuk duduk sebentar sambil membaca koran, atau mandi sebelum pergi beraktivitas.

Loading...

Beegitu pula dengan camilan yang biasanya dikonsumsi sambil menonton TV hingga ketiduran. Beberapa kegiatan tersebut terdengar lumrah karena biasa dilakukan, namun apakah kegiatan tersebut sehat, atau berbahaya bagi kesehatan Anda?

Kegiatan yang dilakukan setelah makan ternyata bukanlah tak ada artinya. Berikut adalah 5 kegiatan yang mungkin sering Anda lakukan setelah makan, padahal berbahaya bagi tubuh Anda.

1. Merokok

Jika Anda seorang perokok, mungkin tak asing bagi Anda untuk merokok sesaat setelah makan. Hal tersebut biasa dilakukan bukan hanya karena kebiasaan, namun juga rasa nyaman dari rokok yang dianggap sebagai ‘penutup’ kegiatan makan.

Merokok setelah makan diyakini dapat menambah resiko kanker 10 kali lebih besar jika Anda lakukan setelah makan. Hal tersebut disinyalir karena makanan yang Anda konsumsi akan tercampur dengan zat berbahaya dalam rokok dan menimbulkan efek yang sangat berbahaya.

2. Tidur

Seringkah Anda memilih tidur sesaat setelah makan? Jika iya, maka sebaiknya mulailah untuk menghentikan kebiasaan berbahaya yang satu ini.

Setelah makan, lambung Anda akan terisi penuh dengan makanan dan lambung Anda pun segera bekerja mencerna makanan. Jika Anda tidur saat proses ini berlangsung, pencernaan Anda akan terganggu dalam proses penyerapan makanan.

Selain itu, tidur setelah makan juga menjadi sebab utama obesitas karena kalori yang terdapat dalam tubuh akan tersimpan menjadi lemak dibandingkan jika Anda melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak.

makan buah setelah makan

3. Makan Buah

Tentu tak asing lagi jika Anda suka menyantap buah-buahan setelah makan karena buah-buahan biasa dihidangkan sebagai penutup makanan. Namun beberapa ahli kesehatan justru berpendapat bahwa hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan.

Hal tersebut disebabkan oleh buah-buahan mengandung karbohidrat buah yang biasanya diserap usus kecil. Buah-buahan tersebut yang dikonsumsi setelah makan akan dihambat oleh makanan yang Anda makan sebelumnya hingga proses pencernaan pun terganggu dan dapat menyebabkan beberapa gangguan lambung seperti kembung, diare dan asam lambung.

Terlebih jika Anda mengonsumsi makanan laut, hindari menyantap buah-buahan yang berasa masam karena dapat membentuk zat tannin dalam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Buah-buahan paling baik dikonsumsi 2 hingg 3 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan.

4. Minum Minuman Dingin

Minuman dingin yang dihidangkan bersamaan atau setelah makan memang nikmat, terlebih saat cuaca panas. Namun ternyata kebiasaan yang satu ini dapat mengganggu kesehatan Anda.

Menurut penelitian kesehatan, meminum minuman dingin setelah makan akan membuat minyak yang baru dikonsumsi menjadi beku dan dan mempersempit usus kita sehingga mengganggu proses pencernaan.

Minumlah minuman yang hangat setelah makan dan beri jeda beberapa saat sebelum Anda meminum minuman yang dingin.

***

Itulah 4 kebiasaan atau kegiatan yang sebaiknya dihindari dilakukan setelah makan karena bahayanya bagi kesehatan Anda. Kesehatan selalu menjadi nomor satu, jadi sebisa mungkin hindarilah kebiasaan buruk tersebut demi kesehatan anda.

Semoga bermanfaat.