Loading...

Apakah Anda Orang Introvert? Ini Dia Ciri-Cirinya!

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Introvert

TERUSKAN.COM – Kenalkah Anda dengan istilah ekstrovert dan introvert? Kedua bentuk kepribadian seseorang ini sering disebutkan untuk menggambarkan sifat orang yang dengan simpelnya, terbuka dan tertutup.

Seseorang yang ekstrovert mungkin sangat mudah dikenali karena sifat mereka yang terbuka dan ebih terlihat percaya diri. Beberapa pakar juga menyebutkan bahwa seseorang yang ekstrovert lebih mudah dalam berkomunikasi karena sifat mereka yang membiarkan orang lain mengenal diri mereka sepenuhnya.

Loading...

Sebaliknya, seseorang yang introvert lebih dikenal pendiam, tertutup, malu, tidak percaya diri dan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam lingkungan sosial. Benarkah demikian? Faktanya, tidak semua orang introvert memiliki ciri-ciri seperti itu. Hal tersebut disebabkan karena tingkat sisi introvert setiap orang juga berbeda.

Jika Anda ingin mengetahui jika Anda orang yang introvert, berikut adalah ciri-cirinya.

1. Lebih Betah Di Rumah

Seseorang yang introvert, tanpa mereka sadari, mereka lebih suka berada di rumah. Ya, rumah atau bahkan kamar pribadi mereka.

Hal tersebut karena rumah maupun tempat pribadi dianggap sebagai satu-satunya tempat dimana ia bisa menjadi dirinya sendiri dan tidak harus canggung berhadapan dengan dunia ‘luar’.

Orng yang introvert juga sering disebut orang yang rumahan. Berbagai aktivitas dalam rumah yang mungkin orang lain pandang sebagai hal yang membosankan berarti sebaliknya bagi mereka.

Membaca buku, masak, menonton TV, melakukan hobi dan lain sebagainya di rumah sungguh menyenangkan bagi orang introvert.

2. Mencintai Ketenangan

Jika Anda lebih menyukai perjalanan, pariwisata atau kegiatan yang dilakukan di tempat-tempat yang tenang, maka kemungkinan besar Anda adalah seorang intovert.

Seorang introvert biasanya menghindari atau tidak terlalu menyukai pusat keramaian yang banyak orang serta banyak suara yang menimbulkan kegelisahan.

Mungkin Anda pernah merasa ‘tersesat’ di dalam sebuah pesta yang ramai, atau lebih memilih berwisata ke tempat alami daripada pusat kota? Jika iya, itu adalah salah satu ciri orang introvert.

3. Tidak Terlalu Menyukai Kejutan

Mungkinkah semua orang menyukai kejutan? Jawabannya adalah belum tentu. Bagi seseorang yang introvert, kejutan justru dianggap sebagai hal yang tidak terlalu menyenangkan.

Kejutan biasanya diberikan pada saat-saat dimana kita tidak dalam keadaan siap atau awas akan kejutan tersebut. Oleh sebab itu seorang introvert merasa tidak nyaman akan kejutan karena ia tidak tahu harus bereaksi bagaimana jika kejutan itu diberikan.

Orang introvet juga tidak senang jika kehidupan pribadinya dilihat orang lain misalnya saat Anda baru bangun tidur, berada di rumah atau  kamar Anda dan lain sebagainya.

Pada intinya, orang introvert biasanya memasang pagar yang lebih besar untuk lingkungan pribadinya terhadap orang lain.

4. Tidak Memerlukan Banyak Teman

Jumlah teman yang banyak bukan menjadi pilihan orang introvert. Mereka lebih memilih untuk memiliki beberapa jumlah teman saja namun sangat dekat dengan mereka. Hal ini karena mereka membutuhkan seseorang yang sangat mereka kenal yang dapat mereka sebut sebagai teman.

Maka dari itu bagi orang introvet, kualitas pertemanan jauh lebih penting daripada jumlah teman yang dimiliki.

***

Itulah 4 ciri orang introvert yang kemungkinan Anda miliki. Apakah menjadi orang introvert adalah sebuah hal yang buruk? Tentu tidak.

Seseorang yang introvert juga memiliki banyak hal positif tidak hanya bagi mereka sendiri namun juga orang lain. Mereka biasanya lebih perasa, menjadi pendengar yang sangat baik serta berbakat untuk menjadi pengamat sejati.

Bagaimana? Apakah Anda seorang introvert?