Loading...

Ladies, Ini Dia 6 Jenis Olahraga Penghilang Stres

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

olahraga penghilang stres

TERUSKAN.COM – Bagi kaum wanita, olahraga sangatlah penting karena manfaatnya yang besar tidak hanya untuk fisik namun juga pikiran Anda. Terutama bagi para wanita yang sibuk beraktivitas setiap harinya, Anda membutuhkan olahraga sebagai penyeimbang tubuh. Mengapa demikian?

Kegiatan harian yang padat tidak hanya dapat membuat badan Anda lelah dan capek, namun juga dapat menyebab stres. Stres dapat mengganggu kesehatan Anda, juga mengganggu konsentrasi yang Anda perlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Loading...

Jika Anda ingin menghilangkan stress dengan olahraga dengan teratur, berikut adalah 7 jenis olahraga yang dapat membantu Anda lepas dari stres.

1. Yoga

Tidak asing lagi manfaatnya, yoga memang salah satu jenis olahraga yang dapat membantu Anda menghilangkan stres. Gerakan-gerakannya yang cenderung pelan namun efektif dapat membuat Anda tidak hanya merasa lebih sehat namun juga lebih rileks.

Hal tersebut karena gerakan-gerakan dalam olahraga yoga telah dibuat sedemikian rupa dengan tujuan atau makna di baliknya yang juga berfungsi untuk menyeimbangkan pikiran Anda sehingga lebih ringan dan merasa jauh lebih rileks.

2. Berenang

Tak salah jika berenang menjadi salah satu olahraga favorit Anda. Berenang diyakini dalam membuang stres karena perasaan senang dan segar yang dirasakan seseorang ketika berenang.

Selain itu, berenang juga memerlukan gerakan tidak hanya pada satu bagian tubuh namun dari kepala, tangan, hingga kaki, semua turut bergerak ketika Anda berenang.

3. Jogging

Jogging memang menyenangkan! Terlebih jika dilakukan pada pagi hari saat udara masih segar dan ditemani musik favorit Anda. Jogging diyakini dapat membantu menghilangkan stress karena berlari membuat Anda merasa bebas. Lakukan sendiri atau bersama orang tersayang agar semakin menyenangkan.

3. Dance

Siapa yang tak suka hentakan musik dan tarian sebagai olahraga? Olahraga yang satu ini memang sangat memgasyikkan bagi para wanita karena umumnya wanita menyukai dance. Beberapa jenis tarian yang biasanya digunakan dalam olahraga adalah samba, tango, tari perut hingga hip-hop dan lain sebagainya.

Dance juga membuat seluruh tubuh Anda bergerak dan terkadang waktu 1 jam untuk menari terasa bukanlah olahraga karena perasaan asyik dan gembira yang Anda dapatkan ketika menari.

4. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi olahraga yang sekaligus dapat menghilangkan stres karena bersepeda tidak membutuhkan tenaga yang sangat berat dan kita merasa rileks ketika melakukannya. Padahal, saat bersepeda tanpa kita sadari otot terutama pada kaki terlatih banyak dan juga berpengaruh pada otot perut.

5. Beladiri

Mungkin olahraga yang satu ini tidak banyak digemari oleh sebagian besar wanita. Tapi tahukan Anda bahwa olehraga beladiri juga merupakan olahraga yang tepat untuk melepaskan stres?

Stres yang terasa sebagai beban dalam pikiran Anda dapat disalurkan dengan olahraga bela diri seperti karate, kickboxing, taekwondo dan lain sebagainya.

6. Tai Chi

Siapa bilang olahraga yang satu ini hanya untuk orang lanjut usia saja? Nyatanya, tai chi juga sangat bermanfaat bagi wanita muda karena dapat menjadi salah satu resep awet muda.

Olahraga yang mengatur pernapasan serta gerakan-gerakannya yang cenderung lembut ini ternyata sangat baik untuk melepaskan stres dan menjaga kesehatan jantung.

***

Pada intinya seluruh jenis olahraga dapat melepaskan stres karena dengan olahraga, peredaan darah kita menjadi lancar dan hal tersebut membuat kita menjadi lebih rileks.

Akan tetapi 6 jenis olahraga di atas tepat untuk Anda para wanita yang tidak hanya menginginkan bentuk tubuh yang indah, namun juga perasaan senang ketika melakukannya.

Bye bye stress!