Loading...

Atasi Masalah Kulit Wajah Dengan Kulit Jeruk

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan, Wanita

perawatan wajah dengan kulit jeruk

TERUSKAN.COM – Saat Anda membuang kulit jeruk, tahukah Anda berapa banyak manfaat yang sudah Anda buang? Kulit jeruk memiliki kandungan nutrisi dan anti-oksidan yang baik untuk kulit. Bahkan, kulit jeruk memiliki kadar vitamin C lebih tinggi daripada daging jeruk.

Kandungan pada kulit jeruk juga dipercaya memberikan manfaat kecantikan untuk wajah serta mengatasi masalah kulit. Tidak heran, Anda akan menemukan beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik yang menggunakan ekstrak kulit jeruk sebagai bahan aktif di dalamnya.

Loading...

Nah, masalah kulit wajah apa saja yang akan diatasi kulit jeruk? Yuk, simak artikel berikut.

1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat muncul ketika kotoran berlebihan, kulit berminyak atau bakteri menutupi pori-pori kulit Anda. Bagaimana kulit jeruk mengatasinya? Kulit jeruk akan membersihkan kulit wajah Anda dengan mengekstraksi kotoran dari dalam pori-pori.

Cara terbaik menggunakan kulit jeruk pada kulit adalah dengan membuat masker wajah sederhana dengan menggiling kulit jeruk hingga menjadi pasta dengan campuran air mawar. Oleskan  pada wajah Anda sebagai masker exfoliating atau pengelupasan yang akan membersihkan pori-pori, komedo, dan memutihkan kulit Anda.

Selain menerapkan kulit jeruk ke wajah Anda,  mengonsumsi jeruk akan membantu menyingkirkan jerawat.
Selain itu, serat yang terkandung pada kulit jeruk akan melancarkan sistem pencernaan dengan menggerakan usus secara teratur sehingga mengeluarkan limbah berbahaya dan racun yang berlebih dari dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

2. Memutihkan Kulit

Kulit jeruk adalah pemutih alami yang membantu memudarkan noda atau bintik-bintik gelap yang terlihat jelas pada kulit wajah dengan pemakaian yang teratur. Selain itu, kulit jeruk membantu mengurangi suntans (warna tidak merata) dari sinar UV yang berbahaya yang menyerang sel-sel kulit.

Namun Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan kulit jeruk karena banyaknya asam sitrat akan berbahaya pada kulit Anda. Jika perlu, lakukan konsulitasi untuk takaran atau sebanyak apa kulit jeruk yang harus digunakan.

3. Menghilangkan Komedo

Menggunakan ekstrak dari kulit jeruk sebagai masker akan membantu menghilangkan komedo.

Untuk membuat masker sederhana, campurkan satu sendok yogurt dengan bubuk kulit jeruk hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian hidung dengan gerakan melingkar lembut dan bersihkan dengan air hangat setelah 15 menit.

4. Keriput

Antioksidan dalam jeruk melawan radikal bebas yang merusak sel kulit wajah yang menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan pada kulit dan juga membuat pipi tanpak kendur. Kandungan kalsium pada kulit jeruk juga sangat efektif melindungi kulit.terhadap masalah penuaan dini.

5. Bercak Pada Kulit 

Menerapkan kulit jeruk pada kulit membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan membuat kulit tetap lembab dengan baik dan kencang. Selain itu, kalsium berkontribusi terhadap produksi antioksidan yang membuat kulit kering tampak sehat dan bercahaya.

Sebelum menggunakan kulit jeruk, cuci terlebih dahulu untuk menghindari tertinggalnya pestisida atau bahan kimia. Bahkan jika Anda membeli buah-buahan organik, akan lebih baik jika Anda tetap mencucinya sebelum menggunakan atau mengosumsinya.

Nah ternyata memilih untuk menyimpan kulit jeruk daripada membuangnya akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

Selamat mencoba.