Loading...

8 Cara Alami Atasi Pori-Pori Wajah

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

Cara Atasi Pori-pori Wajah

TERUSKAN.COM – Banyak sekali kerusakan pada kulit wajah yang terjadi disebabkan oleh pori-pori kulit yang besar. Akan tetapi banyak pula cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori. Caranya pun tentu saja beragam.

Jika anda mengalami masalah seperti ini, anda mungkin bisa menerapkan beberapa tips untuk mengatasi pori-pori wajah di bawah ini dengan cara alami.

Loading...

1. Mentimun dan Apel

Untuk anda yang ingin mengecilkan pori-pori pada wajah sebaiknya gunakanlah buah atau sayur yang memiliki sifat astringen. Salah satunya yaitu mentimun. Akan lebih sempurna lagi jika anda kombinasikan dengan buah apel yang memiliki antioksidan dan bahan yang dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil satu buah mentimun dan apel dengan ukuran sedang. Kemudian haluskan dengan blender hingga menjadi seperti masker.

Aplikasikan campuran tersebut pada wajah anda secara merata dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih dan lanjutkanlah dengan mengoleskan pelembap sesuai dengan jenis kulit anda.

2. Tomat

Jus tomat adalah salah satu ramuan alami yang dianggap manjur untuk mengecilkan pori-pori karena mengandung vitamin C dan potassium. Ambillah dua buah tomat yang sudah matang, lalu potong dan blender sampai halus. Aplikasikanlah pada bagian wajah anda sampai merata dan bilas menggunakan air bersih.

3. Putih telur

Kemampuan putih telur sebagai zat perekat memang sepertinya sudah tidak perlu diragukan. Hal ini pula lah yang membuat telur dimanfaatkan untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya adalah dengan memisahkan putih telur dari kuning telur dan masukkanlah ke wadah yang bersih. Tambahkan setengah sendok teh madu dan aduk sampai berbentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah anda dan diamkan sampai mengering. Langkah terakhir yaitu membilasnya menggunakan air bersih.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki antioksidan yang tinggi dan vitamin C yang khasiatnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Ambillah jeruk nipis berukuran sedang dan potong tipis-tipis lalu tempelkan pada wajah anda secara merata.

Sebelumnya pastikan bahwa wajah anda sudah dibersihkan sebelum anda mengaplikasikannya. Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Mengecilkan pori-pori wajah

5. Gula, Madu, dan Minyak Zaitun

Khasiat madu untuk kulit memang sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya diakui mampu membuat kulit tampak lebih halus dan kenyang. Jika dikombinasikan dengan gula pasir, madu serta minyak zaitun, campuran tersebut mampu membantu mengecilkan pori-pori serta menghaluskan kulit.

Caranya adalah dengan mencampur bahan-bahan tersebut sebanyak satu sendok teh madu dan aduk hingga membentuk pasta. Sebelum anda mengoleskannya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa wajah anda dalam keadaan basah. Oleskanlah secara merata denagn disertai pijatan ringan. Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu

6. Pepaya

Selain dikonsumsi karena buahnya yang enak dan manis, pepaya juga ternyata mampu membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Parutlah seperempat pepaya yang tidak terlalu masak sampai halus. Aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Bilas menggunakan air hangat

**

Itulah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi pori-pori yang membesar pada wajah anda. Selamat mencoba!