Loading...

7 Tips Ampuh Cegah Virus Ebola

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

VIRUS EBOLA
TERUSKAN.COM – Virus ebola adalah satu virus yang yang perlu kita cegah. Virus ini berasal dari Afrika di mana penyebarannya sudah sangat marak dan menyebar secara luas di berbagai belahan dunia.Virus ini dianggap sangat berbahaya karena bagi si penderita yang terserang tidak memiliki harapan untuk hidup.

Virus Ebola meresahkan banyak orang, sebab sejauh ini penderita akan merasa sangat menderita saat terjangkit virus ini. Tentunya anda tidak ingin termasuk ke dalam salah satu list yang terjangkit virus ini, bukan? Ada banya cara yang sebenarnya disosialisasikan kepada masyarakat agar terhindar dan mencegah virus ini masuk ke dalam tubuh.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari penyakit ini, antara lain :

Loading...

• Gunakanlah cairan pembersih

Rajin-rajinlah mencuci tangan anda dalam kondisi apapun dan setelah anda mengerjakan apapun usahakanlah untuk tetap steril. Selain menjaga kebersihan tangan, jagalah keadaan tubuh anda untuk selalu bersih.

Secara sederhana, caranya adalah dengan membersihkan tangan anda dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung cairan antiseptic secara rutin.

• Tutup luka

Jika anda memiliki luka pada bagian tubuh anda, sebaiknya usahakanlah untuk tetap menjaga agar luka anda tertutup dengan aman. Bagi anda yang memiliki luka tentunya akan dengan mudah terserang virus ebola ini. Jangan lupa untuk secara rutin mengganti perban luka anda dan membungkusnya sesegera mungkin.

CUCI TANGAN

• Jangan pernah mengonsumsi daging dengan kualitas yang buruk

Salah satu penularan yang dilakukan oleh virus ebola adalah melalui daging sapi merah denagn kualitas yang buruk. Untuk itulah sebaiknya bagi anda yang sering mengonsumsi daging, sebaiknya pilihlah daging dengan kualitas yang baik.

Jangan pernah asal dalam memilih daging karena jika anda salah memilih daging maka bukan tidak mungkin daging tersebut berpotensi membawa virus ebola yang akan menjangkiti tubuh anda

• Berhati-hatilah mengonsumsi daging babi

Jika anda adalah penikmat daging babi, sebaiknya berhati-hatilah saat mengonsumsinya. Pasalnya, asal dari virus ebola di Afrika ditemukan banyak berkembang di peternakan babi. Sehingga anda pun harus lebih berhati-hati dan bijak dalam mengonsumsi daging babi agar tidak terjangkit virus ini.

• Hindarilah perjalanan ke negara yang terjangkit virus

Jika anda berencana ke luar negeri, sebaiknya pertimbangkanlah secara matang-matang, apalagi jika negara tersebut sudah terjangkit virus ini. Hal ini tentunya adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terjangkit virus ebola.

• Gunakan sarung tangan

Ketika anda berada di sekiatr pasien yang terkena virus ebola maka sebaiknya gunakanlah sarung tangan dan masker untuk mencegah masuknya virus tersebut ke dalam tubuh anda

• Hindarilah menyentuh sarana umum dengan tangan anda

Jika anda sedang berada di tempat umum, maka sebaiknya jangan pernah memegang sarana umum secara sembarangan seperti pintu lift, tangga atau lain sebagainya karena bisa jadi sarana-sarana tersebut menjadi media penyebaran virus ebola ini.

**

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan agar terhindar dari virus ebola. Sebaiknya pastikan bahwa anda selalu tetap menjaga kebersihan tubuh anda dan tempat tinggal anda, serta berhati-hatilah di manapun anda berada.