Loading...

5 Tips Ubah Hobi Anda Jadi Bisnis

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

ubah hobi jadi bisnis

TERUSKAN.COM – Selama ini, anda mungkin sering mendengar nasihat tentang bagaimana anda harus mencintai sesuatu yang anda lakukan. Meski begitu, tidak banyak orang yang memilih pekerjaan utama sebagai sesuatu yang sebetulnya mereka cintai. Kerap, banyak orang tidak meyakini bahwa apa yang mereka cintai sebetulnya mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Berikut adalah beberapa tips mengenai bagaimana anda bisa membuat hobi anda menghasilkan uang, bahkan membuatnya menjadi bisnis anda sendiri seperti dilansir Magforwomen.com. Mari simak!

Loading...

Mengajar tentang hobi

Ini merupakan cara paling sederhana untuk menghasilkan uang dari hobi anda. Jika anda menyukai kegiatan melukis, anda bisa mulai mengajari orang melakukannya, buatlah kelas seni di rumah anda baik untuk anak-anak maupun orang tua.

Sama halnya, jika anda mempunyai hobi lainnya, misalnya membuka kelas memasak, kursus piano, karate, fotografi dan masih banyak lagi. Kemampuan berbahasa yang baik juga menjadi nilai tambah untuk tarif yang akan dikenakan pada calon klien anda.

Jual kreativitas anda

Saran yang satu ini, berarti menjual sebuah produk. Misalnya, anda menyukai keterampilan rajut merajut, namun anda tidak ingin membuka kelas mengajar, nah tentu anda bisa menjual produk hasil karya baik di toko online maupun secara offline.

Tentu, langkah ini membutuhkan kemampuan  berbisnis yang baik, terkait dengan penentuan harga jual, serta mencari media yang tepat untuk pemasaran. Coba anda minta bantuan teman atau siapa pun untuk melakukannya.

Perluas jaringan

Tingkatkan hubungan kemampuan anda dengan minat atau passion. Dengan kata lain, gunakan segala pengetahuan anda untuk memperluas kemampuan hobi anda. Misalnya saja, jika anda menyukai fotografi, jangan hanya berhenti menyediakan jasa fotografi pada orang-orang saja, namun anda bisa juga menulis buku album foto dan berupayalah untuk menjualnya.

Berpikirlah segala sesuatu yang bisa anda lakukan, lalu bangun hubungan dengan hobi anda, dan mulai tingkatkan skala bisnis untuk mendapat penghasilan menjanjikan.

Dapatkan perhatian

Mulailah manfaatkan keberadaan sosial media untuk mempublikasikan karya anda. Buat fanpage di facebook dengan nama bisnis anda, untuk mendapat perhatian. Selain itu, cobalah aktif di blog atau media lainnya untuk berhubungan dengan banyak orang dan mempromosikan jasa atau produk anda.

Apa yang membedakan hobi dan bisnis adalah anda bisa mendapat pengakuan lebih dan kontak lebih baik pada akhirnya. Jadi upayakanlah untuk mencapainya!

Serius menjalani

Saran terakhir, namun tetap penting, anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mewujudkan mimpi anda tentang hobi tersebut dibanding sebelumnya. Anda tak bisa melakukannya setengah waktu. Tentu, banyak upaya dan kerja keras yang harus anda lakukan untuk menjalani sebuah bisnis dibandingkan hanya menjalankan sekedar hobi.

Anda juga bisa menjadi profesional dan tak lagi menjadi sekedar hobi, ketika anda betul-betul bisa meningkatkan kemampuan dan membuka diri anda pada berbagai peluang baru.

**

Jika, anda tak merasa bahagia dengan karir saat ini, dan anda ingin mengubahnya dengan menjalani apa yang anda cintai, seriuslah menjalaninya dan lihatlah ke depan apakah hal itu dapat berhasil untuk anda. Mulailah membuat rencana yang baik dan bekerja keraslah dalam mewujudkan mimpi anda.

Selamat mencoba!