Loading...

5 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

Manfaat Jalan kaki

TERUSKAN.COM – Banyak sekali manfaat berjalan kaki di luar di mana sebagian besar orang justru meremehkannya. Tentu saja, kegiatan fisik seperti berlari maupun treadmills sangat baik dan bermanfaat besar bagi tubuh, tapi bagaimana dengan olahraga outdoor lainnya?

Berada di luar ruangan, secara alamiah membawa jiwa anda pada ketenangan dan kesehatan jiwa. Tak peduli bagaimana cuaca di luar, anda akan merasakan lebih baik sehabis berjalan-jalan di luar setiap harinya.

Loading...

Ini adalah beberapa manfaat jalan kaki yang bisa anda peroleh, dilansir allwomenstalk.com.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu manfaat yang anda peroleh setelah menghabiskan wkatu berjalan-jalan kaki di luar rumah. Sinar matahari pagi menjadi sumber utama vitamin D. Tubuh kita membutuhkan sekitar 15 menit untuk mendapat manfaat sinar matahari pagi.

Setelah itu, anda bisa mengoleskan tabir surya pada bagian tubuh yang anda inginkan.Vitamin D matahari pagi bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker, depresi, serangan jantung, serta osteoporosis.

Kaki lebih kuat

Manfaat lain berjalan kaki di luar adalah memperkuat betis maupun kaki anda secara keseluruhan. Sebetulnya, latihan treadmills juga memiliki fungsi yang sama, namun ketika anda berada di luar, anda akan dihadapkan pada kondisi jalan menanjak atau menurun secara lebih sporadis.

Ini merupakan cara paling baik untuk melatih otot-otot kaki anda, ditambah lapangan di luar ruangan yang secara konstan berubah, membuat kegiatan fisik anda lebih efektif.

Minim stres

Setuju atau tidak, berlatih di pusat kebugaran bisa membuat stres! Satu hal yang mungkin belum anda catat, di sana banyak orang ingin segala sesuatunya cepat, anda pun harus menunggu giliran untuk menggunakan alat-alat atau treadmills dan hal itu mungkin saja bisa membuat suasana hati tak enak.

Namun, bagaimana dengan berjalan-jalan kaki di luar? Pertama kali, mungkin anda merasa jenuh, tapi anda tidak akan menyangka jika efeknya bisa sangat merelaksasi jiwa dan tubuh anda.

Cobalah untuk tidak membawa alat pendengar musik, ketika pertama kali mencobanya, rasakan secara alami udara segar yang membuat anda lebih tenang.

Perjalanan baru

Manfaat lainnya berjalan-jalan di luar, yakni anda dapat selalu mendapat pengalaman perjalanan baru. Begitu banyak rute yang bisa diambil dan bermacam rutinitas yang bisa anda dapatkan di luar. Hal ini tentu beda ketika anda melakukan latihan fisik di dalam pusat kebugaran.

Cuaca berubah

Dengan melakukan aktivitas fisik di luar setiap harinya, anda bisa mendapatkan pemandangan cuaca yang selalu berubah. Hal ini makin mendekatkan anda dengan alam dan mampu meningkatkan keseimbangan dalam hidup.

Anda tidak akan menyangka bagaimana efektifnya cara tersebut untuk ketenangan jiwa, dan anda akan lebih menghargai hidup ini. Entah anda akan merasakan sinar pagi yang sejuk, ayam berkokok, burung bernyanyi, hembusan angin segar, atau nuansa semacamnya tentu sangat indah bila bisa anda rasakan setiap hari.

**

Bagaimana dengan anda, lebih suka beraktivitas fisik di pusat kebugaran atau di luar ruangan?