Loading...

9 Jenis Makanan Untuk Pembangun Otak Janin

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan, Wanita

Ibu Hamil

TERUSKAN.COM – Kebahagiaan saat hamil akan dirasakan setiap wanita di dunia ini, berbagai cara akan dilakukan untuk membuat janin sehat dan terlahir sempurna. Banyak pantangan makanan dan perilaku yang dihadapi ibu hamil dan harus lebih selektif dalam memilih demi janin di perut.

Selama menjalani proses kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari berbagai protein, dan makanan kaya nutrisi untuk janin yang tumbuh dalam rahimnya.

Loading...

Banyak para ahli mengatakan bahwa sangat penting bagi wanita hamil untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tepat selama trimester pertama hingga trimester ketiga untuk menjaga pembentukan janin.

Makan sehat selama masa kehamilan akan membuat ibu hamil sehat dan janin tumbuh sempurna. Sayuran yang kaya zat besi, buah-buahan, dan ikan yang memiliki kandungan Omega adalah makanan yang mampu meningkatkan otak janin sehingga kecerdasan bayi akan berkembang dengan baik.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk membangun otak janin.

Hati

Ibu hamil akan mudah terserang anemia, untuk itu sangat disarankan mengonsumsi hati baik hati ayam, sapi, dan kambing. Hal ini disebabkan ibu hamil tidak mampu untuk memasok oksigen yang cukup sehingga zat besi dalam sirkulasi darah ke janin dan plasenta terhambat.

Anda dapat mengonsumsi hati ayam, sapi, atau kambing seminggu sekali sesuai dengan selera anda.

Ayam

Kelezatan daging ayam dapat anda manfaatkan untuk membangun kecerdasan otak janin anda. Hal ini sisebabkan daging ayam memiliki jumlah zat besi yang baik yang disebut besi heme yang baik untuk perkembangan otak janin.

Anda dapat mengonsumsinya berbarengan dengan hati ayam, jadi semakin optimalah asupan makanan untuk otak janin anda.

Ikan

Khasiat ikan bukan menjadi rahasia umum lagi, seperti ikan sarden, mackerel dan salmon yang memiliki kandungan tertinggi Omega 3 yang sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan anda.

Untuk mendapatkan manfaatnya yakni omega-3 ada baiknya anda mengonsumsi saat hamil dua kali dalam seminggu guna meningkatkan perkembangan otak janin.

Sayuran berdaun hijau

Nutrisi sayuran berdaun seperti bayam dan brokoli sangat baik dikonsumsi anda. Sayuran berdaun hijau ini mengandung sumber zat besi dan kalsium yang baik untuk perkembangan otak janin.

Padukan sayuran berdaun hijau anda dengan daging ayam, ikan serta hati yang menambah komplit nutrisi bagi otak janin.

Kuning telur

Kuning telur terdiri dari kolin yang merupakan salah satu zat yang ditemukan dalam vitamin B yang baik untuk perkembangan otak janin. Namun, jika anda merasa mual saat mengonsumsi kuning telur sebaiknya ada jeda saat mengonsumsinya.

Buah jeruk

Jangan lupa asupan buah yang wajib ibu hamil konsumsi, salah satunya buah jeruk yang kaya akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk baik bagi otak janin anda.

Kenari

Camilan yang cocok dikonsumsi bagi ibu hamil adalah kenari. Jenis kacang ini mengandung sejumlah omega-3 yang tinggi dan sangat baik untuk perkembangan otak janin.

Kubis

Kubis mengandung sumber yang kaya asam folat yang baik bagi wanita untuk dikonsumsi selama kehamilan. Selain sayuran hijau, kubis juga dapat anda santap sebagai asupan pembangun otak janin.

Aneka buah berries

Kesegaran aneka buah berries, seperti blueberry, stroberi dan raspberry mampu meningkatkan tingkat IQ bayi anda. Anda dapat memilih buah berries ini sesuai selera dan keinginan anda.

**

Jika anda ingin membangun otak janin agar cerdas, sangat baik mengonsumsi beberapa makanan di atas dan dapat anda pilih sebagai lauk, buah, atau sayuran anda. Selamat menikmati manfaatnya untuk anda dan janin di perut anda.