Loading...

7 Langkah dalam Membeli Mobil Baru atau Second

Penulis: Visyam89 Rubrik: Otomotif

TERUSKAN.COM – Sebelum memutuskan untuk membeli mobil anda harus mempunyai banyak pengetahuan dasar tentang mesin, body, dan saluran kelistrikan. Banyak orang salah ketika membeli mobil sehingga hanya sebentar saja memakainya.

Pengetahuan tentang otomotif mudah didapatkan, entah dengan cara membaca buku, browsing internet atau dengan belajar di lembaga pendidikan. Hal ini dapat membuat seseorang bisa saja mengotak-atik sendiri mobil tersebut, lalu menukar barang yang original dengan yang palsu.

Mau mobil baru atau mobil second kemungkinan digantinya spare part itu ada. Untuk itu, anda harus menjadi konsumen yang minimal tau sedikit soal otomatif, agar bisa waspada ketika membeli mobil. Perhatikan body mobil lihat dengan cermat, jika diberi kesempatan lakukan test drive, dan cek kelengkapan surat-surat mobil. Tentu hal ini dapat mempengaruhi keputusan anda dalam menentukan mobil mana yang dibeli.

Loading...

7 Langkah dalam Membeli Mobil Baru atau Second

Agar anda bisa membeli mobil dengan cermat dan hemat, sebaiknya laksanakan cara-cara yang diulas berikut ini.

1. Tentukan budget pembelian dan tiap bulannya

Sebenarnya berapa sih uang tabungan yang anda sisihkan untuk membeli mobil? Jika sudah banyak lebih baik beli mobil secara cash. Jika hanya terkumpul kurang lebih 20% dari harga mobil baru berarti anda harus membeli secara kredit. Atau jika anda ingin lebih menghemat keuangan, bisa dengan membeli mobil second saja.

Selain itu, pikirkan juga tentang biaya perawatan dan pembayaran premi asuransi tiap bulannya penghasilan anda harus mampu untuk keperluan tersebut.

2. Belilah mobil sesuai dengan budget yang anda sediakan

Pertama-tama tentukan mobil baru atau second? Jangan beranggapan mobil second itu lebih hemat daripada mobil baru. Tetapi pada kenyataannya ketika terjadi pembelian secara kredit, mobil second lebih mahal karena suku bunganya lebih banyak daripada mobil baru.

Nah, jika budget belum cukup, mending nabung lagi lalu sesuaikan dengan DP mobil baru. Atau jika tidak mau dipusingkan dengan kredit dan mempunyai uang yang cukup untuk membeli mobil second, pililah second saja. Karena memang jika dihitung-hitung membeli secara kredit sangat merugikan pembeli.

3. Bandingkan harga mobil dan kualitas mobil

Anda harus cermat dalam memilih mobil, carilah referensi dari majalah, saran teman, internet, atau berbekal dari brosur yang disebar oleh para pemilik dealer mobil. Lalu pikirkan baik-baik dengan uang yang anda pegang, usahakan untuk mendapatkan mobil yang kualitasnya terbaik.

Bandingkan beberapa produk mobil, kualitas mesinnya, bahan bakarnya, perlengkapan keamanan, ataupun fasilitas di dalam mobil. Ketahui juga kelebihan mobil bagi kenyamanan penumpang dalam berkendara.

4. Beli mobil di dealer resmi atau bisa dipercaya

Carilah dealer resmi dari merek mobil atau dealer yang memang mengutamakan kejujuran dalam proses jual beli. Untuk mencegah terjadinya penipuan pada diri anda, sebaiknya datanglah ke dealer resmi saja. Karena zaman sekarang sangatlah rawan pergantian spare part mesin atau yang lainnya tanpa bisa dicurigai para pembeli.

Jika anda salah memilih dealer, bukan tidak mungkin mobil anda dapat rusak sebelum waktunya walau sudah berhati-hati dalam menggunakannya. Biasanya dealer resmi terdapat logo perusahaan, karyawannya juga mengenakan baju seragam yang terdapat logo tersebut dan disertai dengan bengkel perbaikan.

5. Cek kelengkapan dokumen mobil

Membeli mobil baru atau second anda tetap harus teliti dengan kelengkapan dokumen mobil, tanyakan kapan BPKB, STNK, dan surat lainnya bisa diambil. Selain itu tanyakan juga tentang pelayanan servis mobil, asuransi, atau pengurusan lainnya dengan jelas dan serinci-rincinya.

Jika membeli secara kredit perhatikan juga surat perjanjian kreditnya dan ikut perusahaan leasing mana. Sehingga apabila terjadi suatu kekeliruan anda bisa konfirmasi dengan tepat kepada yang bersangkutan.

6. Lakukan test drive

Jika memang diperbolehkan mintalah ijin untuk test drive ajaklah karyawan di sana untuk mengawal anda saat test drive, untuk menghindari kesalahpahaman. Selain itu cek juga bagian dalam dan body mobil, ada kesalahan atau tidak? kenapa bisa terjadi? Bisa diperbaiki atau tidak?

Apabila itu mobil baru anda harus menukar dengan yang lainnnya tapi jika mobil second anda harus menanyakan upaya perbaikan. Jika memang anda merasa nyaman, cocok, enak saat mengendarai, dan merasakan hal-hal positif lainnya Tanpa pikir panjang lagi belilah mobil tersebut dan segera ajak keluarga anda berkeliling kota.

7. Lakukan transaksi jual-beli

Setelah menjalani semua di atas anda bisa melakukan transaksi jual-beli. Sebelum melakukan pembayaran cek nominal kwitansinya sudah benar atau belum?

Lalu mintalah dokumen apa saja yang seharusnya menjadi hak anda. Simpan semuanya dengan baik dan jika sewaktu-waktu terjadi kekeliruan segera hubungi dealer yang bersangkutan.

**

Setelah membeli mobil perhatikan juga perawatan rutin dan perbaikan mobil ya. Budget perawatan harus ada tiap bulannya, tetapi jangan sampai anda tidak memperhatikan badget untuk kesehatan juga ya!! Mobil memang penting untuk menunjang pekerjaan anda, namun kesehatan lebih penting. Karena jika anda tidak sehat, maka tidak bisa bekerja dan mengendarai mobil bukan??