Loading...

5 Kebiasaan Buruk Dalam Berkendara Yang harus Dihindari

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Otomotif

Kebiasaan Buruk Saat Berkendara

TERUSKAN.COM – Berkendara merupakan kegiatan yang tidak asing lagi dalam kehidupan. Terutama sejak awal tahun millennium hingga sekarang. Hampir semua orang memiliki kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat. Baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Dan begitu pesatnya dunia otomotif hingga akhirnya memberikan dampak positif dan negatif dalam realisasinya. Dampak positif yang dapat dirasakan adalah manfaat menghemat waktu karena dengan menggunakan kendaraan tentunya akan lebih cepat dibanding dengan berjalan kaki.

Loading...

Dengan hadirnya kendaraan akan lebih memudahkan kita untuk berangkat ke kantor, sekolah, pasar, dan aktifitas lainnya.

Namun, sangat disayangkan sekali! Dewasa ini banyak pengendara-pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu-lintas hingga akhirnya berakibat fatal bagi keselamatan pengendara ataupun pengguna jalan lainnya.

Begitu banyaknya kendaraan dan begitu banyaknya juga pengendara-pengendara di jalan. Bisa dibayangkan kemacetan di pagi dan sore hari ketika berangkat dan pulang setelah seharian beraktifitas.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengendara saat berkendara:

Menggunakan perangkat elektronik

Terlihat sepele namun begitu fatal jika sudah terjadi kecelakaan. Begitu banyak

pengendara di jalan yang menggunakan perangkat elektronik ketika sedang berkendara. Seperti menggunakan handphone baik untuk sms maupun telepon, menggunakan hands free untuk mendengarkan musik, menggunakan tape recorder (untuk kendaraan roda empat) hingga akhirnya menjadikan pengendara tidak fokus dalam berkendara.

Tidak memakai alat pengaman

Hal yang paling sering diacuhkan ketika berkendara adalah alat pengaman seperti helm untuk roda dua, dan sabuk pengaman untuk roda empat.

Tidak sedikit pengendara di jalan yang tidak memakai helm karena takut rambutnya berantakan dan tidak memakai sabuk pengaman karena merasa tidak nyaman saat berkendara. Padahal keselamatan adalah hal yang paling utama dalam berkendara.

Ugal-ugalan

Selain membahayakan diri sendiri kegiatan ugal-ugalan ini sangat merugikan oranglain. Banyak sekali orang-orang yang salip kanan, salip kiri dan tancap gas begitu saja tanpa memperhatikan pengendara lain.

Hal ini seringkali terjadi ketika pengendara merasa telat ke kantor, sekolah ataupun tujuan lain.

Tidak tertib lalu-lintas

Sudah menggunakan alat elektronik, tidak memakai alat pengaman, ugal-ugalan di jalan, dan ternyata hal yang paling sering kita jumpai adalah tidak taatnya pengendara terhadap peraturan.

Contoh, menggunakan trotoar ketika macet, menerabas lampu merah, melawan arus, memutar di tempat yang tidak seharusnya, dan masih banyak lagi. Padahal, sebuah peraturan itu diberlakukan demi keselamatan kita dalam berkendara.

Tidak memperhatikan kondisi kendaraan

Dan yang terakhir ini adalah hal yang sangat penting dari semua yang sudah di jelaskan di atas.

Seringkali terjadi kecelakaan lalu-lintas karena rem yang blong, ban yang pecah, kemudian mesin kendaraan yang tiba-tiba saja mati di jalan, atau bahkan lampu kendaraan yang tidak berfungsi di malam hari, sein yang tidak berfungsi ketika berbelok, dan sebagainya.

**

Demikianlah beberapa kebiasaan buruk dalam berkendara. Kita semua berharap bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama. Ketika kita berkendara tentunya kita harus memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena pengguna jalan tidak hanya kita saja.

Dan marilah kita mulai membiasakan diri untuk taat terhadap peraturan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi, baik terhadap diri kita maupun orang lain.