Loading...

Manfaat Dahsyat Jintan Hitam Untuk Kesehatan

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Wanita

Khasiat Jintan Hitam

TERUSKAN.COM – Kesehatan adalah sesuatu hal yang mahal harganya, berbagai cara akan ditempuh untuk mendapatkan kesehatan yang prima, salah satu dengan memanfaatkan rempah-rempah di Indonesia yakni biji jintan hitam. Sifatnya sebagai penyembuh alami yang kuat, berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit ini dapat anda gunakan.

Di Mesir atau negara-negara di Timur Tengah   sampai masyarakat India menggunakan jinten hitam ini sebagai bumbu untuk masakan di berbagai belahan dunia. Rasanya yang sedikit pahit cocok untuk menggantikan lada.

Loading...

Jinten hitam tersedia dalam bentuk minyak hasil ekstraksi biji dan dalam bentuk kapsul.  Di dalam jinten hitam ada senyawa kimia, seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, mineral, dan lain-lain.

Anda dapat menambahkan beberapa biji jintan hitam ke dalam kopi atau menggilingnya dan menurkan pada salad untuk memberi rasa. Cara lainnya adalah menyeduh satu sendok makan jintan hitam. Masukkan ke dalam cangkir, tambahkan air panas dan ditutup selama 10 menit.

Berikut manfaat yang anda dapat rasakan dari jinten hitam untuk kesehatan tubuh adalah.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Untuk anda yang menderita gangguan imunitas tubuh dapat memanfaatkan jinten hitam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, jika anda mengonsumsi 1 gram kapsul jinten hitam secara rutin dua kali sehari selama empat minggu maka akan meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %.

Selain itu penyakit pilek, influenza, AIDS, dan penyakit yang beerhubungan dengan kekebalan tubuh lainnya juga dapat dicegah.

Sumber nutrisi

Tubuh manusia memerlukan nutrisi agar tetap sehat dan di dalam jintan hitam kaya akan beta-karoten atau pro – vitamin A, kalsium, zat besi, sodium, dan kalium yang baik untuk kesehatan.

Anda dapat meminum setengah sendok teh ekstrak atau minyak  jinten hitam sebanyak tiga kali sehari dan rasakan manfaat kesehatan yang anda dapatkan.

Dapat mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan perut, seperti sembelit dan perut kembung dapat anda atasi dengan mengonsumsi jinten hitam yang akan menjaga kesehatan pencernaan dan dapat membasmi cacing usus.

Untuk mengobati gangguan pencernaan tersebut, anda hanya mengambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Kemudian minum dua kali dalam sehari.

Anda juga dapat mencampur satu sendok teh bubuk jahe  dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda lalu dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Menyembuhkan peradangan

Mengobati peradangan pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, dapat dengan cara mengambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Setelah mencampurkannya, gunakan dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

Mengobati asma dan alergi

Untuk pengobatan asma dan alergi, anda dapat mengambil secangkir air hangat , kemudian satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak. Minumlah pada pagi hari sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, ada harus menghindari makanan yang dingin dan membawa alergi.

Mengobati kanker

Manfaat dahsyat jintem hitam bagi kesehatan lainnya adalah mengobati kanker, karena di dalamnya ada asam lemak yang dapat menghambat perkembangan kanker.

Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta  produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa khawatir akan merusak sel-sel yang sehat.

Caranya mencampurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak jintem hitam dan dimunum sebanyak tiga kali sehari. Lakukan selama empat puluh hari. Bisa juga menggosokan minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

Meningkatkan jumlah ASI

Perpaduan dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalam jintan hitam dapat meningkatkan jumlah produksi susu untuk ibu yang menyusui. Hal ini disebabkan jintan hitam mengandung arginine yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Meskipun dapat meningkatkan ASI, anda juga harus berkonsultasi dengan dokter demi keamanan dalam mengonsumsi jintan hitam bagi ibu menyusui.