Loading...

Kandungan Nutrisi Dan Resep Masker Ketimun

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan

masker-mentimun

TERUSKAN.COM – Mentimun yang tergolong sayuran sederhana ini memiliki manfaat dan kandungan air yang begitu banyak sekitar 95% dengan jumlah nutrisi yang cukup. Studi menunjukkan bahwa ekstrak dari mentimun segar mengandung banyak antioksidan dan nutrisi untuk anti-inflamasi.

Dengan banyaknya kandungan air pada mentimun dan menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit memberikan keuntungan seperti sebagai pencerah kulit, mencerahkan, melembabkan dan toning. Anda juga dapat menggunakan mentimun sebagai toner untuk mengatasi kelebihan minyak dan sebagai pelembab untuk kulit kering.

Loading...

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Mentimun

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang mentimun, ketahui dulu manfaat dari kandungan nutrisi mentimun yang baik untuk kulit Anda.

1. Air  – Kandungan air pada mentimun, memberikan kelembaban sehingga kulit lebih lembut, halus dan lentur. Selain itu, air juga melindungi kulit dari kekeringan, gatal, terkelupas dan pecah-pecah.

2. Vitamin A  – Untuk pertumbuhan sel,  antioksidan dan anti inflamasi yang melindungi kulit dari infeksi dan kondisi peradangan, vitamin A pada mentimun akan memberikannya.

3. Vitamin B1 – Meningkatkan aliran darah dan cairan tubuh lainnya sehingga meningkatkan sirkulasi darah yang tepat melalui sel-sel kulit. Selain itu juga melindungi kulit dari peradangan, eksim, scaliness dan kondisi kulit lainnya.

4. Vitamin C – Untuk memproduksi kolagen,  protein berperan penting untuk pembentukan. Selain itu, vitamin C juga menetralisir aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan stres oksidatif.

5. Biotin – Biotin penting untuk menjaga kesehatan kulit untuk menghindari beberapa masalah kulit seperti  iritasi kulit, eksim, infeksi jamur dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

6. Kalium – Kandungan kalium yang rendah dapat menyebabkan kulit kering dan layu.Kalium hidrat dan kulit yang lembab akan mencegah dari  mengelupas dan kekeringan.

Resep dan Cara membuat Masker Mentimun

Nah, setelah mengetahui manfaat dari kandungan mentimun, berikut beberapa resep masker mentimun yang bisa Anda coba.

1. Masker Ketimun Untuk Menghilangkan Jerawat

Untuk kulit berjerawat berminyak, gunakan minyak mentimun dan oatmeal masker wajah dan madu untuk menghaluskan, mengontrol dan menyegarkan. Mentimun akan menyegarkan dan melembabkan kulit, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran.

Oatmeal akan mengelupas sel-sel kulit, kelebihan sebum dan sel-sel mati pada permukaan kulit. Madu akan menghaluskan kulit Anda dan mengontrol tekstur kasar dari oatmeal pada kulit serta mencegah pengelupasan lebih jauh.

 Tips :

  1. Letakkan mentimun dalam kulkas sebelum menggunakannya pada wajah Anda.
  2. Lakukan uap wajah untuk membuka pori-pori sehingga masker wajah dapat tembus dan menutrisi kulit.
  3. Gunakan celemek atau t-shirt tua sebelum menggunakan masker.

Bahan :

1/2 mentimun, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu.

Cara membuat :

Haluskan 1/2 mentimun menggunakan blender atau food processor. Setelah itu, gunakan ujung jari dengan memijat lembut campuran tersebut pada wajah Anda dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu gunakan air dingin untuk membersihkan. Keringkan dengan handuk kering.

2. Masker Mentimun Untuk Kulit Berjerawat

Mentimun efektif sebagai pelembab kulit yang jika dikombinasikan dengan yoghurt yunani atau yoghurt polos. Yogurt, mengandung sifat antibakteri dan antibiotik yang mencegah jerawat yang disebabkan oleh kuman. Membantu menghilangkan bekas jerawat, noda dan bintik-bintik gelap.

 Tips

  1. Tidak hanya menggunakannya pada wajah, masker mentimun juga bisa Anda gunakan pada bagian leher dan tangan.
  2. Anda dapat menyimpan kelebihan campuran masker di lemari es hingga  2 hari.
  3. Hindari menggunakan yoghurt yang memiliki campuran rasa untuk menghindari iritasi kulit dan ruam.

Bahan :

1/2 mentimun dan 1 sendok makan yogurt.

Cara membuat : 

Haluskan seluruh bahan hingga menjadi bubur. Lalu bersihkan wajah sebelum menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori. Keringkan dengan handuk dan oleskan masker wajah dengan gerakan melingkar. Lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit.

Setelah itu, bilas dengan  menggunakan air hangat lalu air dingin. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Gunakan minyak zaitun untuk melembabkan wajah.

3. Masker Mentimun Untuk Penuaan Kulit

Untuk mengurangi keriput, garis-garis halus dan perubahan warna kulit akibat usia terapkan masker mentimun pada wajah Anda.  Campurkan dengan lidah buaya untuk hasil yang lebih efektif terhadap penuaan kulit.

Lidah buaya mengandung polyssacharides, lektin, manna dan antioksidan yang menyembuhkan dan mengurangi garis-garis halus dan bintik-bintik karena usia. Jus lemon akan memudarkan bintik-bintik gelap dan bekas jerawat. Selain itu memiliki sifat anti bakteri yang efektif membunuh kuman penyebab jerawat.

 Tips

  1. Potong  dan bersihkan lidah buaya secara menyeluruh. Kupas bagian luar dari lidah buaya hingga bersisa daging dari lidah buaya. Gabungkan dengan  bahan-bahan lain untukmenghilangkan kerutan.
  2. Jangan menambahkan lebih dari 1/2 sendok teh atau 5 tetes jus lemon. Lemon jus akan menyebabkan luka bakar jika digunakan secara berlebihan.
  3. Hindari bagian sensitif yaitu pada daerah sekitar mulut dan mata karena dapat menyebabkan munculnya kerutan.

Bahan : 

1/2 mentimun, 1 sendok makan lidah buaya, dan 1/2 sendok teh jus lemon

Cara membuat : 

Campur seluruh bahan dengan menggunakan blender dan tuangkan ke dalam mangkuk kecil. Dengan menggunakan ujung jari, oleskan campuran tersebut pada wajah yang dimulai dari dahi. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas masker dengan air dingin dan keringkan dengan handuk

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.