Loading...

5 Tips Bertahan Setelah Kehilangan Pekerjaan

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Dunia Karir, Finansial

kehilangan pekerjaan

TERUSKAN.COM – Selama ini anda sangat bekerja keras untuk membangun pundi-pundi keuangan, namun setelah kehilangan pekerjaan apa yang akan dilakukan pada tabungan anda?

Meskipun, simpanan baik dalam bentuk tabungan atau apapun bisa diambil ketika dalam kondisi darurat, pastinya anda tak ingin jika saat kondisi darurat tiba, tabungan anda  akan tersedot habis.

Loading...

Pun, tak ada jaminan pula anda bisa mendapat pekerjaan baru, namun selalu ada cara untuk melindungi tabungan selama anda mencari mata pencaharian baru.

Mari simak informasi tentang cara mengatur keuangan setelah kehilangan pekerjaan, siapa tahu bermanfaat bagi anda!

Tekan pengeluaran

Upaya menekan pengeluaran merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi pundi-pundi keuangan anda setelah kehilangan pekerjaan. Buatlah sebuah perencanaan, misalnya sebagian orang memangkas beberapa pengeluaran bulanan non esensial untuk mempertahankan sisa uang tabungan tersebut.

Anda perlu mengadopsi pemikiran untuk mulai berhemat dan hidup sederhana. Belilah sesuatu yang dibutuhkan, dan berhentilah mengonsumsi apapun terkait dengan berbagai kupon belanja yang anda punya.

Dapatkan anggaran

Jika anda tak memiliki anggaran sebelumnya, sekarang adalah saatnya anda mendapatkannya. Anda juga perlu tahu dana masuk dan keluar. Setelah, kehilangan pekerjaan, anda mungkin akan mendapat kompensasi PHK atau pengunduran diri dan beberapa paket  lainnya dari perusahaan yang selama ini mempekerjakan anda.

Dengan adanya dana tersebut, tentu akan lebih mudah mengatur uang anda sembari mencari pekerjaan tetap yang lain.

Merehat cicilan

Ide untuk menjual aset-aset penting anda, seperti rumah bisa membantu anda melonggarkan anggaran. Namun, jika anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan, dan tidak memiliki pendapatan cukup untuk membayar cicilan kredit aset anda, cara mengajukan rehat cicilan ke lembaga keuangan mungkin akan membantu.

Anda dapat membicarakan hal tersebut pada lembaga keuangan yang meminjamkan kredit untuk melihat apakah anda berhak mendapat fasilitas tersebut. Anda juga dapat mempertimbangkan opsi lainnya, misalnya menyewakan sementara rumah.

Bekerja freelance

Di zaman sekarang, mendapat pekerjaan dengan penghasilan tetap dan besar tidaklah mudah. Sembari anda mencarinya, cobalah peluang untuk bekerja secara freelance atau mengupayakan hobi anda menjadi bisnis yang menjanjikan.

Anda mungkin tidak memperoleh penghasilan tetap setiap bulannya, namun yang terpenting anda tetap dapat penghasilan dan mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Menjual barang bekas

Untuk melindungi tabungan dan keuangan anda, cobalah menjual beberapa barang bekas yang anda miliki, namun masih layak. Beberapa barang tersebut di antaranya, perhiasan, furnitur, pakaian, elektronik, mainan, dan sebagainya.

Sementara, untuk pakaian atau barang fesyen, anda dapat mencoba menjualnya di beberapa bazaar yang khusus menjual barang-barang preloved.

***

Bagaimana pun, memiliki rekening tabungan dan sejenisnya adalah penting apalagi jika anda mengalami kondisi darurat setelah tak memiliki pekerjaan tetap lagi. Dengan mengupayakan cara-cara untuk mendapat penghasilan, anda tetap dapat melonggarkan keuangan dan menjalani hidup dengan tenang.