Loading...

7 Cara Mudah Menghemat Biaya Nikah

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Wedding

TERUSKAN.COM – Merencanakan sebuah pesta pernikahan dengan biaya yang hemat namun tetap menarik memang menyenangkan. Namun, ada beberapa cara berhemat yang mungkin tidak sempat terpikir oleh banyak orang.

Jika saat ini anda tengah merencanakan sebuah pesta pernikahan nan unik namun hemat, berikut adalah daftar tips yang bisa menjadi masukan anda, dilansir allwomenstalk.com. Siapa tahu, ada ide yang bisa anda curi.

pernikahan hemat

Loading...

DIY

Do it Yourself (DIY) merupakan cara yang tepat jika anda orang kreatif yang menyenangi berbagai kegiatan keterampilan. Luangkanlah waktu beberapa bulan sebelum hari H anda, untuk membuat produk kreatif, misalnya suvenir yang akan digunakan pada pernikahan anda.

Ajaklah beberapa orang untuk membantu membuatnya. Cara ini juga sangat bisa menghemat uang anda, selain anda bisa menambah sentuhan personal pada pesta nantinya.

Luangkan lebih banyak waktu

Semakin banyak waktu yang anda gunakan untuk merencanakan pesta pernikahan anda, maka semakin banyak uang yang dapat anda hemat. Dapatkan daftar email dan tunggulah untuk informasi harga dengan penawaran menarik, seperti diskon dan lainnya, terkait jasa vendor yang ingin anda gunakan.

Namun, jika anda merencanakan pesta tergesa-gesa, maka bisa saja anda kehilangan kesempatan untuk mendapat harga dengan penawaran terbaik.

memilih baju pengantin

Gaun diskon

Toko yang menjual berbagai gaun dengan potongan harga juga merupakan cara cerdas untuk menghemat uang anda saat menikah.

Jika anda memimpikan sebuah gaun yang ingin anda pakai pada pesta tapi berharga mahal, lakukanlah sedikit riset untuk mencari model serupa namun dengan harga lebih murah.

Pilih hari lain

Menikah pada hari Sabtu atau Minggu memang akan jauh lebih mahal untuk sewa venue dibandingkan hari lainnya. Anda bisa memilih hari lainnya, misalnya Jumat malam untuk menggelar pesta, selain bisa mendapat harga sewa venue lebih murah, anda juga bisa tampil beda dengan orang kebanyakan.

Kurangi pemakaian bunga

Cobalah untuk mengurangi pemakaian bunga di setiap sisi ruang pesta anda. Anda bisa menggantinya dengan pencahayaan dari lampion atau lilin-lilin cantik. Anda bisa menggunakan bunga asli pada dekorasi pelaminan saja.

low-cost-wedding-ideas

Minta bantuan teman

Mintalah bantuan teman atau anggota keluarga anda untuk sama-sama menyukseskan agenda pesta pernikahan anda. Dibandingkan anda menggunakan jasa perencana pernikahan (wedding planner), tentu akan jauh lebih hemat jika anda bisa menangani sendiri pesta tersebut bersama orang-orang terdekat anda.

Pangkas daftar tamu

Porsi biaya termahal dalam sebuah pesta pernikahan adalah daftar tamu. Biaya rata-rata makan per piring sekitar Rp50 ribu, dan itu pun adalah harga paling murah. Jika anda memangkas jumlah tamu undangan, tentu anda bisa lebih menghemat uang anda.