Loading...

10 Manfaat Menakjubkan Buah Markisa

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Buah Markisa

TERUSKAN.COM – Sukakah Anda dengan buah markisa? Buah yang rasanya manis dan asam ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Terlebih lagi, di balik kesegaran rasannya, markisa memiliki berbagai manfaat menakjubkan untuk kesehatan Anda.

Buah markisa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh.

Loading...

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Buah markisa adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan vitamin C yang terkandung dalam buah markisa diperkirakan dapat memenuhi 50% kebutuan vitamin C harian tubuh kita.

2. Sumber Antioksidan

Antioksidan diperlukan tubuh untuk mencegah radikal bebas yang semakin berbahaya karena kondisi lingkungan saat ini yang kurang sehat dengan adanya polusi tinggi.

Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda, diperlukan antioksidan yang dapat Anda temui dalam buah markisa. Antioksidan sendiri diyakini dapat mengurangi resiko berbagai penyakit seperti kanker, radang hingga urusan kecantikan seperti penuaan dini.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, sakit pada usus dan lambung mampu dicegah dengan mengonsumsi buah markisa.

4. Sumber Betakaroten

Kandungan beta karoten kita butuhkan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, jaringan tubuh, hingga resiko penyakit berat seperti arthritis, parkinson hingga depresi.

5. Sumber Zat Besi

Untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat dan bertenaga, ktia memerlukan zat besi, terutama jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas cukup padat. Buah markisa memiliki kandungan zat besi hingga 4 mg di setiap cangkirnya. Konsumsilah buah markisa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

6. Sumber Folat

Asam folat mungkin tidak asing lagi manfaatnya terutama untuk menjaga kesehatan janin bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Asal folat juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

7. Baik Untuk Diet

Jika Anda sedang dalam program diet, buah markisa dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk dikonsumsi karena buah ini mengandung kalori dalam jumlah rendah. Selain itu, dengan jumlah karbohidrat dan gula alami didalamnya, secara bersamaan buah ini dapat menjaga Anda tetap berstamina dan berenergi.

8. Sumber Serat Alami

Serat kita butuhkan untuk teta menjaga kesehatan usus, membantu menurunkan kolestrol dan juga untuk mencegah kanker pada usus besar. Hal ini karena buah markisa memiliki kandungan 27% serat di setiap 100 gramnya.

9. Sumber Kalium

Tahukan Anda jika kalium dibutuhkan tubuh kita karena membantu menjaga kesehatan jantung dan stabilnya tekanan darah. Dengan kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah markisa, kita juga dapat terhindar dari resiko tekanan darah tinggi.

10. Meringankan Serangan Asma

Jika Anda memiliki penyakit asma, buah markisa dapat meringannya karena buah ini dapat memblokir histamin yang menjadi penyebab terjadinya gejala asma.

***

Buah markisa yang sangat bermanfaat ini dapat Anda konsumsi langsung maupun dalam bentuk lain seperti jus, sirup serta dalam hidangan sehat Anda. Mulailah mengonsumsi buah markisa dengan rutin untuk merasakan manfaatnya yang menakjubkan untuk tubuh Anda.

Semoga bermanfaat!