Loading...

4 Tips Jitu Memulai Bisnis Anak Muda

Penulis: Aji Setiaji Rubrik: Bisnis

BISNIS ANAK MUDA

TERUSKAN.COM – Di era sekarang ini yang namanya bisnis menjadi alternatif pilihan untuk kalangan anak muda. Selain karena jadi pegawai negeri itu bisa dikatakan susah, berbisnis menjanjikan kita sebagai owner atau bos, waktu kerja dan pendapatan kita yang tentukan, pokoknya bebas tidak seperti PNS yang sudah ada jadwal kerjanya dan jadwal gajiannya.

Berbisnis ini sangat menggiurkan buat kalangan anak muda sekarang, baik yang masih SMA ataupun yang sudah jadi mahasiswa.

Loading...

Mengapa demikian? Karena TIDAK diperlukan ijazah untuk memulainya. Meski tak memerlukan ijazah, berbisnis harus memiliki metode atau cara, agar bisa mencapai target yang ingin dicapai.

Berikut empat tips jitu memulai bisnis untuk anak muda, yang bisa  kami share ke teman-teman pembaca Teruskan.Com.

1. Siapkan Modal

Untuk yang pertama, ini yang menjadi pondasi (dasar) dan sangat penting. Modal tidak mesti dalam bentuk uang atau duit. Modal yang dimaksudkan adalah niat, semangat dan keberanian untuk berspekulasi memulai bisnis, serta harus disetai dengan doa atau restu orang tua.

Biarpun bisnis anak muda ini kecil, doa dan restu orang tualah yang bisa melancarkan bisnis kita. Meskipun tak dapat dipungkiri kalau ada modal uangnya akan lebih menguatkan pondasi ini.

2. Jalan Aja Dulu

Modal sudah ada ga usah pusing mikirin hasilnya, yang penting jalanin aja dulu bisnisnya. Lebih direkomendasikan untuk membuat daftar tujuan yang harus dicapai semisal 1 bulan harus dapet untung $10 (standarnya dollar biar semangat). Jadi sambil berjalan kita akan semangat karena ada target yang ingin kita capai.

Dengan catatan kita realistis dalam menentukan apa yang harus dicapai, karena semakin realistis target akan semakin besar kesempatan kita untuk meraihnya.

3. Jatuh, Ya Bangun Lagi

Kadang target itu tak kita capai, artinya kita JATUH!! Nah ketika kita jatuh bersedihlah sebentar dan langsung bangun untuk kembali berjalan. Kita udah punya semangat, udah punya modal, udah berjalan berarti kita sudah dekat dengan sukses.

Buat kamu yang pandai akan mencari penyebab kenapa bisnis ini bisa jatuh setelah bisa berjalan. Setelah menemukan penyebabnya kamu yang pandai akan bangkit dan siap berjalan kembali dengan metode yang baru. Tapi jika memilih untuk berhenti setelah jatuh, KAMU membuang kesempatan untuk menjadi kaya.

4. Lancar, kini Bersiap Untuk Berlari

Ketika tips ke-3 sudah kalian lakukan, percayalah bisnis kalian sudah mulai sedikit mapan. Karena dengan kegigihan yang kita terapkan kita bisa menuai hasil yang memuaskan dalam artian bisnis sudah berjalan lancar. Namun pebisnis muda yang handal tak akan puas sampai di sini.

Ketika bisnis mereka sudah berjalan lancar, mereka akan segera berlari. Jadi tips jitu ke-4 adalah “berlari” dengan mencari ide kreatif lain yang bisa meningkatkan nilai bisnis. Harapannya penghasilan dari bisnis ini juga akan meningkat.

Ini bisa diwujudkan dengan menjalin lebih banyak relasi, mengembangkan bisnis di luarkota, perbaiki pelayanan agar konsumen lebih terpuaskan dan sebagainya.

**

Demikianlah tips jitu untuk memulai bisnis anak muda. Ingatlah kesuksesan itu datang ketika kesempatan kita untuk gagal sudah habis. Ayo kita habiskan kegagalan itu mulai dari sekarang. Jadi mari mulai bisnis anak muda. Kapan lagi bisa jadi bos tanpa IJAZAH!