Loading...

7 Langkah Mudah Membuat Pepes Ikan

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

Membuat Pepes Ikan

TERUSKAN.COM – Bagi Anda para ibu atau mungkin yang baru menjadi seorang istri, pasti pernah mengalami kebingungan kala menyiapkan menu untuk makan siang atau makan malam. Seringkali kita membeli majalah yang berisi menu-menu makanan lezat, namun ujungnya tidak kunjung membuat masakan tersebut dikarenakan bahan-bahan yang sulit didapatkan atau cara memasaknya yang ribet.

Nah, untuk saat ini bahan yang biasa Anda dapatkan dari pasar atau dari tukang sayur keliling yang setiap pagi lewat di komplek rumah mungkin bisa diolah dengan cara yang sedikit unik. Diolah dengan cara apa? Sepertinya… Pepes, menu tradisional khas orang Sunda bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Loading...

Cara Membuat Pepes Ikan

Banyak bahan makanan yang bisa diolah dengan cara dipepes, namuan kali ini kita akan mencoba membuat pepes ikan terlebih dahulu. Sebelum Anda mempraktikkannya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu beberapa bahan di bawah ini:

  • Ikan (pilih jenis yang Anda sukai, namun lebih disarankan menggunakan ikan air tawar)
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Daun Kemangi
  • Tomat
  • Daun Salam
  • Serai
  • Jeruk Nipis, dan
  • Daun Pisang

Jika semua bahan di atas sudah tersiapkan, maka Anda bisa memulai percobaan Anda:

1. Bersihkan ikan dan buang bagian insangnya, usahakan jangan dibelah menjadi beberapa bagian kecuali jika ikannya berukuran besar.

2. Jika sudah selesai membersihkan ikan, maka tahap selanjutnya adalah merendamnya dengan jeruk nipis yang telah Anda sediakan tersebut, diamkan selama 30 menit agar bau amisnya hilang.

3. Sambil menunggu rendaman ikan, maka Anda bisa mengolah bumbu lainnya. Ulek bawang merah, bawang putih, dan kunyit, jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Setelah itu, iris bawang merah, bawang putih, lengkuas, tomat, dan serai. Untuk daun salam dan kemangi, Anda ambil bagian daunnya saja.

4. Setelah selesai mengiris bahan tersebut, maka saatnya untuk menyiapkan daun pisang. Gunting daun pisang dengan panjang 30cm, jika sudah maka tumpuk tiga lembar daun pisang agar ketika digulung tidak mudah robek.

5. Ambil ikan yang sudah direndam tadi, lalu berikan garam secukupnya dan jangan lupa olesi dengan bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan secara rata, bagian dalam perut ikan juga diolesi dengan garam dan bumbu tersebut ya, agar rasanya meresap ke dalam daging.

6. Selanjutnya, simpan ikan di atas lembaran daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu isi perut ikan dengan bahan yang sudah Anda iris di atas. Bagian atas ikan juga jangan lupa untuk diberikan irisan bahan tersebut. Bagi Anda yang menyukai pedas, maka pada bagian ini bisa menambahkan irisan cabe rawit sesuai selera.

Lalu, bungkus ikan tersebut dan rapikan bagian ujung daunnya, untuk merapikannya Anda hanya perlu melipatnya saja dan kemudian ditusuk menggunakan tusukan gigi, namun jika tidak ada bisa menggunakan streples.

7. Setelah itu, siapkan panci yang berisi air, kemudian kukus ikan selama satu setengah jam. Jangan lupa untuk mengontrol keadaan air di dalam panci tersebut agar tidak kering dan gosong.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi Anda.