Loading...

9 Khasiat Tanaman Jahe Untuk Tubuh

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Khasiat Tanaman Jahe

TERUSKAN.COM – Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia memang sudah tidak asing lagi. Tak heran jika jahe menjadi salah satu sumber obat-obatan di banyak negara, baik untuk penyakit ringan maupun penyakit yang cukup berat.

Di Indonesia sendiri tanaman jahe sering dikonsumsi baik untuk makanan, minuman serta obat-obatan. Tidak hanya dalam bentuk utuh, namun juga dapat dibuat dalam bentuk bubuk, permen, pil dan lain sebagainya. Tanaman yang memiliki akar dan tumbuh hingga kurang lebih satu meter ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Loading...

Berikut adalah 10 khasiat jahe untuk tubuh manusia.

1. Mengobati Flu

Rasa hangat dan pedas dalam jahe sering dimanfaatkan untuk obat penyakit flu, baik untuk radang tenggorokan, demam maupun batuk. Anda dapat mengonsumsinya melalui obat-obatan yang mengandung jahe. Namun, jika Anda meninginkan cara yang lebih alami, Anda juga dapat membuat obat flu dengan jahe.

Caranya cukup mudah. Potong jahe dalam ukuran sedang, rebus bersama air, lalu campur air rebusan selagi hangat dengan madu dan lemon. Minum secara teratur untuk mengobati penyakit flu Anda.

2. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Jahe ternyata juga diyakini dapat mencegah sekaligus mengurangi sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini karena ekstrak dalam jahe, menurut sebuah penelitian kesehatan, dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah dan dikurangi pertumbuhan selnya dengan jahe adalah kanker ovarium.

3. Mengurangi Rasa Mual

Mual baik karena masalah kesehatan dalam lambung, kondisi hamil hingga mabuk perjalanan dapat diatasi dengan jahe. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk minuman hangat yang secara cepat dalam mengurangi rasa mual. Oleh sebab itu banyak obat anti masuk angin yang memiliki ekstrak jahe di dalamnya.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Apabila Anda memiliki penyakit nyeri sendiri arthritis, jahe dapat menjadi salah satu obat alami untuk mengurasi rasa nyeri pada sendi.

Sifat anti inflamasi dalam jahe dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak jahe pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

5. Meningkatkan Stamina

Banyak ramuan tradisional yang mengandung jahe untuk meningkatkan stamina dalam tubuh dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

6. Sumber Antioksidan

Jahe dipercaya mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat dikonsumsi untuk mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan juga sering dikaitkan dengan kecantikan terutama untuk mencegah penuaan dini.

7. Mengurangi Nyeri Haid

Wanita yang sedang haid biasanya sering mengalami nyeri haid yang menyakitkan dan terasa nyeri. Jahe dapat menjadi salah satu obat untuk mengurangi rasa nyeri haid dengan cara meminumnya dalam air hangat yang dicampur dengan gula merah.

8. Membantu Mengatasi Penyakit Diabetes

Ekstrak atau sari jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan kinerja insulin sehingga dapat mengobat diabetes. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, konsumsilah satu gelas air sari jahe terutama di pagi hari untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

9. Membantu Proses Pencernaan

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pencernaan Anda. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan

***

Itulah 9 khasiat jahe untuk kesehatan tubuh. Rasa jahe yang mungkin bagi sebagian orang terlalu pedas dan pahit dapat dicampur dengan gula, madu atau ramuan lainnya.

Semoga bermanfaat.