Loading...

10 Tips Mengubah Ruangan Dengan Dana Terbatas

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Keinginan untuk mengubah suasana di dalam rumah setiap tahunnya untuk membuat anda lebih betah dan tamu yang datang tidak akan bosan. Namun, setiap perubahan itu ada pengorbanannya. Salah satu yang menjadi pokok utama dalam mengubah ruangan adalah dana.

Banyak yang berpikir tanpa dana yang memadai mustahil mengubah apalagi mendekorasi rumah dengan berbagai elemen yang berhubungan dengan lantai, dinding, furnitur, dan banyak lainnya anda capai. Perlu di garis bawahi dengan dana terbatas pun ternyata anda bisa.

Berikut 10 tips mengubah ruangan dengan dana terbatas.

Loading...

1. Mengerjakan secara mandiri

Jangan membuang uang anda untuk membayar jasa orang lain jika dana anda minim. Anda dapat secara mandiri mengubah ruangan sesuai dengan keinginan tanpa memarahi ataupun banyak komplain kepada si tukang jasa.

Kerjakan secara mandiri, seperti servis furnitur, tukang cuci sofa, tukang cat, dan lain-lain yang perlu serta anda bisa ubah secara sederhana. Manfaatkan bakat melukis dan menggambar di keluarga anda, kemudian letakan di beberapa sudut untuk memperindah ruangan.

dekorasi rumah

2. Mengganti hiasan dinding

Ketahuilah mengganti hiasan dinding sebulan sekali akan memberi warna berbeda untuk suasana ruangan anda. Jangan bingung hiasan dinding akan anda ganti apa, setiap orang memiliki foto kenangan. Nah, foto kenangan inilah yang bisa anda panjang berbeda setiap bulannya.

Misalnya anda hobi makan, anda dapat berfoto ria dengan makanan anda dan kawan yang anda ajak. Menempatkan lukisan atau corat-coret salah satu keluarga anda juga bisa, kaligrafi, dan yang lainnya.

3. Mengubah posisi furnitur

Yang paling sering dilakukan orang untuk mengubah ruangannya adalah membeli furnitur baru, namun anda dapat mencoba untuk meletakan furniture berbeda tempat. Jangan lupa letak sofa dapat anda ubah sehingga lebih berwarna di pandang.

4. Mengubah warna dinding

Sangat disarankan untuk mengubah warna dinding anda agar lebih fresh. Anda dapat memadukan beberapa warna untuk menambah kesan antik ruangan anda. Mengecat kusen jendela dan warna pintu juga dianjurkan.

Memilih Lukisan Terbaik Untuk Dekorasi Dinding Rumah

5. Menyingkirkan barang tak terpakai

Penyimpanan barang yang telah tak terpakai dapat anda singkirkan. Misalnya majalah dan koran bekas, hiasan-hiasan yang rentan debu dan sudah tak layak pakai juga sebaiknya dibuang atau jika bisa dijual dapat anda jual.

6. Mengganti aksesoris kain

Karpet, gorden atau tirai, sarung bantal sofa, maupun kain penutup busa sofa dapat anada ganti sesuai selera anda. Atau jika anda bisa menjahit, boleh dimanfaatkan kelebihan anda untuk mengubah suasana ruangan tanpa dana yang besar.

7. Mengecat ulang perabot kayu

Warna kayu yang mulai luntur atau aksesoris lainnya, seperti lemari tempat pajangan dapat anda cat dengan warna berbeda dan boleh anda terapkan warna dimensi.

8. Mengganti pencahayaan

Fungsi lampu gantung, lampu meja, dan lampu dinding sangat penting sebagai pencahayaan. Untuk itu penggantian pencahayaan diperlukan dengan cara sederhana yakni mengganti kap lampu dan mengganti warna lampu.

9. Menempatkan cermin

Cermin bukan hanya untuk berkaca diri sendiri saja, namun dengan menempatkan cermin di beberapa ruangan dengan bentuk yang inovatif akan mampu mengubah suasana ruangan anda dengan dana minim. Mengubah letak atau posisi tukar di ruangan lain dapat anda lakukan.

tanaman dalam ruangan

10. Meletakkan tanaman

Tanaman akan membuat keindahan dan kesejukan ada di ruangan anda dengan meletakan di beberapa sudut, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan di ruang belakang. Setelah anda meletakan tanaman, jangan lupa merawatnya dan jika perlu mengganti jenis tanaman dan potnya dari bahan tanah liat atau rotan.