Loading...

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Penulis: Riyan Sumarno Rubrik: Wanita

cara memakai test pack

TERUSKAN.COM – Saat telat datang bulan, mungkin saja Anda sedang hamil. Sebetulnya, banyak metode untuk megetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak. Orang hamil dapat dilihat dari bentuk fisiknya, seperti payudara dan kaki yang membengkak. Itu adalah segelintir ciri-ciri orang sedang hamil.

Tetapi, untuk memastikan kehamilan Anda dapat melakukan tes. Tes kehamilan dapat dilakukan di laboratorium atau dilakukan sendiri menggunakan alat tes kehamilan.

Loading...

Alat tes kehamilan atau test pack dapat Anda dapatkan di apotek. Sebelum memakainya, pastikan Anda membaca petunjuk, metode penggunaan dan juga akurasi alat tes kehamilan tersebut.

Walaupun alat tes kehamilan mempunyai kemampuan untuk mendeteksi Human Chorionic Gonadotropin disingkat HCG atau dalam Bahasa Indonesianya hormon kehamilan, tetapi kemampuan mendeteksi hormon ini bergantung pada seberapa banyak Anda memproduksi HCG ketika melakukan tes.

Berikut metode penggunaan test pack kehamilan yang benar:

Pastikan Test pack Anda Masih Anyar

Anda dapat membeli alat tes kehamilan ini di toko besar atau supermarket karena kemungkinan ada banyak variasi merek yang dapat dipilih. Pastikan alat yang Anda beli itu masih baru dan juga bukan alat tes kehamilan yang lama. Periksa juga tanggal kadaluwarsanya dan jangan membelinya apabila kondisinya sudah tidak apik.

Cermati Petunjuk Penggunaannya

Setelah Anda membelinya, baca petunjuk dengan cermat. Perlu Anda ketahui bahwa metode pemakaian alat tes kehamilan itu berbeda-beda. Apabila Anda bingung, maka cek nomor telepon bebas pulsa pada segel alat tersebut dan segera telepon untuk mencari infonya.

Mengumpulkan Urine

Cuci tangan Anda dengan air hangat dan juga sabun terlebih dahulu sebelum melepaskan alat uji dari pembungkusnya. Kemudian, kumpulkan urine Anda. Metode untuk mengumpulkan urine ada berbagai macam metode dan juga bergantung petunjuk alat tes tersebut. Ada yang mengharuskan untuk buang air kecil pada tempat/wadah tertentu atau langsung menampungnya ke alat tes kehamilan tersebut.

Urine terbaik untuk dites adalah urine bagian tengah ketika Anda buang air kecil. Maka dari itu, Anda diharuskan mengeluarkan sedikit urine terlebih dulu, lalu memakai sisa urine untuk dites.

Apabila test pack tersebut mengharuskan Anda untuk buang air langsung ke test pack tersebut, maka letakanlah sisi ujung penyerap dari alat tes dalam aliran urine Anda dengan “petunjuk hasil” menghadap ke atas dke,mudian buang air kecil di atasnya selama 5-10 detik.

Pakai Pipet

Apabila Anda telah mengumpulkan urine di wadah, maka pakailah pipet yang telah disediakan dan celupkan ke wadah cangkir tersebut. Apabila tidak menyediakan pipet, maka Anda dapat langsung menyelupkan alat tes kehamilan tersebut ke dalam wadah sekitar 5 hingga 10 detik.

Letakkan test pack dengan petunjuk hasil mengarah ke atas. Lalu, tunggulah beberapa saat ketika hingga ada hasil yang muncul.

Perhatikan Daerah Kontrol Pada Test Pack

Daerah kontrol menjadi lebih gelap ketika ada urine yang melaluinya. Sebagian besar daerah kontrol akan memunculkan garis atau simbol tertentu untuk menunjukkan bahwa tes kehamilan itu valid. Apabila indikator ini pada daerah kontrol tidak muncul, maka sangat mungkin test pack Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cek Hasil Tes

Setelah beberapa waktu, Anda dapat mengecek hasil tes. Apabila Anda benar hamil, Anda akan melihat garis tanda biru atau plus minus merah, merah muda atau biru, perubahan warna yang terjadi atau kata-kata hamil atau tidak.

Tetapi, perlu Anda ingat juga bahwa hasil tes yang ditunjukkan pada alat tes kehamilan itu berbeda-beda. Ketahuilah hasil tes yang dilakukan dari petunjuk alat tes kehamilan yang Anda beli.

Ulangi Tes Beberapa Kali

Apabila hasil tes negatif dan Anda tidak juga memperoleh menstruasi, maka ulangi tes selama beberapa hari. Umumnya, jumlah HCG meningkat cepat ketika hamil dan juga kemungkinan Anda memperoleh hasil positif beberapa hari ke depan.

Perlu diketahui juga bahwa jangan menganggap hasil negatif itu berarti Anda tidak hamil, terutama jikalau Anda melakukan tes sebelum 7 hari setelah siklus menstruasi.

Apabila setelah seminggu Anda belum medapatkan menstruasi dan juga hasil tes yang positif, maka Anda perlu periksa ke dokter kandungan untuk mengetahui apa yang terjadi. Sedangkan, apabila hasil dari test pack tersebut positif, maka Anda juga perlu memeriksanya ke dokter kandungan untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Hanya sekedar info saja, wanita dengan siklus menstruasi teratur lebih mudah mengalami kehamilan. Semoga bermanfaat.