Loading...

6 Panduan Dalam Membeli Kamera Digital

Penulis: Visyam89 Rubrik: Teknologi

Panduan Dalam Membeli Kamera Digital

TERUSKAN.COM – Nampak sekilas semua kamera digital dari berbagai merk adalah sama, baik cara menggunakaannya maupun desain bentuknya. Bagi kita yang awan dengan teknologi kamera tentu bisa menjadi konsumen yang salah beli produk.

Karena salah beli bisa membuat kita hanya bisa memakainya dalam waktu yang sebentar saja atau banyak terjadi masalah saat pemakaiannya. Seperti, memorinya hanya sedikitlah, gambar yang diambil terlihat jeleklah ataupun ada masalah pada lensa kameranya.

Loading...

Memang untuk memilih yang lebih baik dan sempurna tidaklah mudah karena keanekaragaman model, harga dan paket fitur yang ditawarkan akan membuat anda bingung. Untuk mengantisipasi kesalahan dalam menentukan pilihan sebaiknya gunakan panduan di bawah ini ketika membeli kamera digital.

Amatilah Rentang Focal Length Lensa

Jika ingin membeli kamera jangan hanya sekedar memperhatikan jangkauan zoomnya, tetapi focal length lensa yang akan membuat anda mengetahui tentang seberapa jarak pandang yang dapat dijangkau oleh lensa kamera.

Misalnya terdapat dua pilihan kamera yang sama-sama dengan lensa zoom 5x, tetapi yang satu mempunyai focal length 24-120 mm sedangkan yang satu lagi 28-140 mm. Maka, kamera yang pertama hanya dapat mengambil gambar dengan ruangan terbatas dan yang kedua mampu menjangkau jarak lebih jauh.

Jika anda senang travelling, untuk mengabadikan moment indah itu pilihlah yang kedua sehingga bisa menjangkau pemandangan dari jarak jauh.

Perhatikan ukuran dan pilihan fitur dalam kamera

Biasanya kamera dengan badan kecil dan praktis, mempunyai fitur yang lebih sedikit atau terbatas seperti, sensor kecil, range focal kecil, atau kurangnya tombol setting secara manual.

Jika anda mementingkan kualitas gambar yang dihasilkan sebaiknya memilih kamera dengan body yang lebih besar walaupun sedikit repot dalam membawanya.

Perhatikan kualitas dan ukuran LCD kamera

Pada umumnya kamera digital tidak dilengkapi dengan view finder baik secara elektronik atau optik. Hanya mengandalkan LCD yang ada di belakang kamera untuk membingkai gambar ataupun video. Sehingga anda harus memilih kamera yang mempunyai kualitas tinggi dalam kecerahan, resolusi, dan ukuran LCD.

Namun, ukuran LCD kamera digital umumnya sudah cukup besar, tetapi ukuran resolusinya perlu dipertimbangkan pilhlah yang beresolusi 460K. Hal itu akan mempermudah anda dalam mengamati kedetailan obyek saat mengambil gambar.

Tidak terlalu penting LCD kamera dapat diputar atau tidak, yang cukup mempengaruhi dalam penggunaan adalah layar sentuh kamera. Dengan adanya touch screen akan mempermudah anda saat mengambil atau mengatur gambar serta meringkaskan tombol-tombol pada kamera.

Perhatikan ukuran sensor, jangan resolusi Megapixelnya

Anda akan berpikir bahwa kamera dengan resolusi megapixelnya besar berarti mempunyai kemampuan lebih baik dalam mengambil gambar. Dulu, kamera dengan resolusi 2 MP dan 5 MP mempunyai perbedaan yang ckup besar dalam menghasilkan foto, tetapi saat ini kamera dengan 5 MP atau 10 MP atau dibandingkan dengan 15 MP tidak mengalami perbedaan yang berarti dalam gambar yang dihasilkan.

Setelah diselidiki, ternyata ukurn sensorlah yang mempengaruhi kualitas gambar yang dibidik. Walaupun resolusi megapixel kamera tersebut besar, tetapi dengan sensor kecil yaitu ½.3” diagonal, dapat mengurangi hasil kualitas gambar. Gambar tersebut akan terlihat berbintik, warna tidak halus dan tidak bisa membuat efek background blur, tetapi kualitas zoom gambarnya terlihat lebih bagus daripada sensor yang lebih besar.

Sekarang ini sudah beredar di pasaran kamera digital dengan kualitas sensor yang lebih besar yaitu 1/1.7”. Dengan sensor yang sperti ini gambar yang dihasilkan akan lebih baik ketika dalam keadaan yang minim pencahayaan, namun, mempunyai keterbatasan dalam zoom gambar.

Perhatikan Optical Image Stabilization

Fitur optical image stabilization berfungsi sebagai penyeimbang gerakan tangan saat mengambil sebuah gambar. Karena fitur ini mempunyai peranan penting saat pengambilan gambar, tentu sangat wajib dimiliki oleh kamera digital. Karena jika tidak ada gambar yang dihasilkan sering menjadi blur.

Jadikan fitur ini sebagai pertimbangan penting saat anda memilih kamera digital.

Video HD

Perhatikan resolusi video HD yang dimiliki oleh kamera digital sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan hanya senang dengan resolusi Full HD 1080p dan resolusi 720p, memang sudah lebih dari cukup merekam video yang diunggah pada situs youtube. Namun, akan lebih baik kualitas videonya jika fitur kamera digital dilengkapi dengan output mikro atau mini HDMI dari kamera yang terhubung ke HDTV.

**

Jika menginginkan kamera dengan kualitas yang terbaik tentu harus membayarnya dengan harga tinggi. Untuk itu akan lebih baik dengan menyeimbangkan kelebihan salah satu sisi dan kekurangan di sisi lainnya dengan kebutuhan anda. Jadi dapat menghemat uang tetapi mendapatkan yang sesuai keinginan.