Loading...

6 Cara Mudah Atasi Rasa Panik

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

mengatasi rasa panik

TERUSKAN.COM – Anda mudah terserang rasa panik? Jangan khawatir ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan cepat. Pertama-tama, ketika anda merasa panik entah karena masalah apa pun, percayalah bahwa anda tidak sendiri. Banyak orang mengalami serangan panik dalam hidup mereka, dan syukurlah dengan berlatih hal-hal berikut, mereka berhasil mengatasinya.

Namun, jika anda ingin mengatasinya untuk jangka waktu panjang, anda bisa berkonsultasi ke terapis yang  khusus menangani gangguan panik. Tetapi, jika rasa panik yang anda alami masih tergolong normal, mari simak beberapa cara mudah berikut untuk mengatasinya dilansir allwomenstalk.com.

Loading...

Napaslah perlahan

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi rasa panik adalah tarik napas dan mulai pelankan napas anda. Bernapas lebih pelan dapat membantu anda merelaksasi tubuh dan pikiran anda sejenak. Selama panik, anda akan bernapas lebih cepat dari biasanya dan menyebabkan anda lebih terengah-engah.

Ingat! Panik pasti berlalu

Salah satu hal yang dapat menenangkan anda di saat terserang rasa panik adalah selalu mengingatkan diri bahwa kondisi tersebut akan berlalu. Rasa panik biasanya terjadi sekitar 10 menit sebelum akhirnya mereda dengan sendirinya, tergantung respon adrenalin. Jadi, jika anda terserang panik, hal itu akan cepat berlalu.

Ingat! Anda tidak akan mati karena panik

Banyak orang tak mengerti sensasi secara fisik yang datang bersamaan rasa panik dan berpikir mereka akan mati karenanya. Tentu saja tidak! Tak ada orang yang kemudian meninggal lantaran serangan panik, ingatlah anda akan aman, dan anda akan baik-baik saja.

Terima rasa panik

Jangan mencoba untuk melawan serangan panik, dan janganlah khawatir berlebihan karenanya. Serangan terjadi, dan anda akan mampu melaluinya. Ingatlah bahwa anda manusia biasa, dan wajar rasa panik itu terjadi, terlebih dalam kondisi darurat, namun anda pasti mampu melaluinya.

Fokus pada hal positif

Jika anda terus fokus pada hal-hal positif dibandingkan memikirkan hal negatif, tentu hal tersebut akan membantu anda mengatasi serangan panik. Berpikirlah “saya orang yang kuat dan dapat melewati segala masalah ini” lebih membantu dibandingkan anda hanya mengeluhkan apa yang telah terjadi.

Berhenti berpikir negatif

Selalu berpikir hal-hal negatif akan semakin membuat anda tenggelam dengan rasa panik. Jika perasaan negatif mulai merasuki pikiran anda, jangan biarkan diri anda terkalahkan dengan rasa itu. Dengan terus menerus panik, masalah apapun tidak akan bisa selesai. Ingatlah, permasalahan bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan hati yang tenang.

**

Banyak orang terserang rasa panik, dan mereka merasa sangat ketakutan, jika anda tak tahu bagaimana cara berdamai dengan serangan panik. Mulailah berlatih untuk selalu berpikir dan berperasaaan positif. Yakinlah selalu jika Tuhan akan membantu anda.

Bagaimana dengan anda, punya cara sendiri mengatasi rasa panik?