Loading...

Ini Dia Strategi Aman Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok

TERUSKAN.COM – Kebiasan merokok akan berakibat buruk bagi jantung dan berbagai penyakit lainnya yang mematikan bahkan kanker pun dapat menyerang. Bagian paru-parulah yang sangat berbahaya, karena semakin sering dan terlalu lama si perokok menghisap kenikmatannya berarti semakin bahayalah paru-parunya. Lama-kelamaan paru-parunya akan tidak bersih.

kKami berbagi strategi membersihkan paru-paru perokok secara aman.

Loading...

Melatih pernafasan

Untuk membersihkan paru-paru dengan sederhana dapat berlatih pernapasan dalam-dalam melalui hidung kemudian menghembuskan napas melalui mulut selama sekitar 5-10 menit. Lakukan hal ini secara rutin dan sesering mungkin untu membersihkan paru-paru.

Minum air jeruk nipis

Ternyata air jeruk nipis atau lemon dapat mengurangi kadar nikotin hingga 70,65. Untuk membersihkan paru-paru anda dari racun nikotin, tidak ada salahnya meminu air ini setap hari.

Minum banyak air

Selain meminum air jeruk nipis, cara sederhana selanjutnya adalah perbanyak minum air putih yang akan membantu untuk mengelurkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh.

Konsumsi omega 3

Kandungan yang kaya omega-3 pada pasien penyakit paru obstruktif kronik Chronic Obstructive Pulmonary Disease atau COPD dapat meningkatkan fungsi paru-paru pasien penyakit. Hal ini ditunjukkan dengan penurunan serum, tingkat produksi lendir dan gejala peningkatan pada pasien dengan COPD. Omega 3 dapat didapatkan dari ikan salmon dan daging lainnya.

Kandungan antiokasidan

Kandungan antioksidan dari brokoli, apel, kiwi, buah beri dan buah lainnya dapat membantu anda memperbaiki dan melindungi paru-paru. Salah satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang mengkonsumsi lebih dari lima buah apel yang berfungsi seminggu lebih baik dari paru-paru mereka yang tidak mengkonsumsi apel.

Yang hebatnya lagi antioksidan isothiocyanate pada sayuran hijau, seperti brokoli, kubis Brussel, kembang kol terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru.

Mengonsumsi Kedelai

Kandungan flavonoid yang ditemukan dalam makanan kedelai baik sebagai anti-peradangan pada paru-paru dan dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi perokok.

Jadi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi sesak napas penyakit kronis.

Meningkatkan kapasitas kerja paru-paru

Manusia selain bergantung pada jantung, organ vital lainnya yang penting adalah paru-paru. Jika paru-paru tidak bekerja maksimal untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, maka semua proses metabolisme akan rusak.

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Anda dapat mempraktek pernafasan seperti meniup terompet selama 10-15 menit sehari akan meningkatkan paru-paru anda.

Melakukan 12 jam tanpa rokok

Ketika seseorang berhenti merokok selama 12 jam, maka tubuh akan memperbaiki keburukan dari merokok. Tidak semudah itu berhenti merokok, cara yang paling efektif adalah bertahap untuk merokok. Saat anda tidak merokok selama 12 jam karbon monoksida dan nikotin dalam tubuh perlahan-lahan akan hilang.

Konten berbahaya akan hilang sepenuhnya dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tenang dan emosi tidak stabil. Kelaparan, kesulitan tidur kelelahan dan berlebihan bahkan terasa. Gejala juga menunjukkan bahwa tubuh sedang membersihkan sisa-sisa nikotin.

**

Strategi untuk membersihkan paru-paru harus anda lakukan secara berkala yang nantinya akan membuat anda berhenti merokok. Memang memerlukan waktu yang lumayan lama untuk melawan kecanduan rokok, sekarang tinggal memotivasi diri sendiri agar selalu semangat dalam menjalani terapi ini.

Semoga bermanfaat.