Loading...

5 Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

cara mengatasi migren

TERUSKAN.COM – Sakit kepala sebelah atau migren memang menjengkelkan terlebih jika datang saat Anda sedang dalam kondisi yang sibuk. Migren akan merusak hari Anda bahkan terkadang akan membuat Anda merasa jengkel dan rewel. Terserang migren memang sungguh sangat menyiksa.

Faktor yang menjadi penyebab dari migren berbeda-beda untuk setiap kasus dan begitu pula untuk pengobatannya. Untuk pepengobatan atau cara mengatasinya dapat dilakukan dengan banyak cara. Beberapa dari Anda mungkin akan memilih untuk mengonsumsi obat-obatan kimia, namun beberapa orang lainnya akan memilih cara alami untuk lebih aman dan menghindari efek samping dari obat yang dikonsumsi.

Loading...

Nah, apa saja cara alami mengatasi migren si sakit kepala sebelah ini? Yuk, simak artikel berikut seperti yang dilansir dari magforwomen.com.

1. Menghirup Minyak Lavender

Minyak lavender dikenal memiliki sifat menenangkan dan santai. Ini adalah alasan mengapa umumnya minyak lavender digunakan untuk penyegar ruangan dan perawatan pada salon dan spa.

Menghirup uap air mendidih dari beberapa tetes minyak lavender akan memberikan bantuan untuk mengatasi migren dengan cepat. Anda bahkan dapat menerapkan minyak tropikal ini pada dahi Anda untuk hasil yang lebih efektif.

2. Menghirup Minyak Peppermint

Minyak peppermint sangat baik untuk menjaga aliran darah dalam tubuh, membuka dan menutup pembuluh agar lebih lancar sehingga mendapatkan asupan oksigen yang cukup pada aliran darah dan pada akhirnya akan mengatasi masalah migran.

Anda dapat menghirup minyak ini langsung atau dengan menuangkannya dalam air panas untuk menghasilkan uap.

3. Menggigit Pensil

Cara ini akan membuat banyak otot pada wajah Anda lebih relax sehingga akan mengurangi rasa tegang dan stres. Pastikan Anda tidak menggigit pensil terlalu keras karena hanya akan membuat rasa sakit lebih buruk. Cukup menahan pensil dengan menggunakan gigi Anda dengan rileks akan mengurangi rasa sakit secara bertahap.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat membuat migren menjadi lebih buruk. Untuk cara instan atau penanganan pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan perbanyak minum banyak air putih yang akan menghidrasi tubuh Anda dan meredakan stres.

5. Pijat Kepala

Lakukan pijat kepala dengan menggunakan minyak kelapa atau tanpa minyak juga boleh, ini cukup membantu mengurangi rasa sakit karena migren. Anda dapat mengunjungi salon atau melakukan pijatan ringan dengan bantuan pasangan.

**

Demikian beberapa cara alami mengatasi migren yang dapat Anda coba di rumah sebagai pertolongan pertama untuk membantu Anda jika dalam berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Sebelum memutuskan mengambil obat, Anda dapat melakukan cara-cara di atas untuk meringankan sakit kepala sebelah yang menyerang Anda.

Jika migrain masih sering muncul, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang akan menyarankan Anda untuk melakukan tes tertentu. Dalam beberapa kasus, Anda akan disarankan untuk melakukan tes mata untuk melihat apakah migren yang kerap menyerang disebabkan karena meningkatnya minus mata Anda.

Mengonsumsi makanan sehat, istirahat dan tidur yang cukup juga sangat penting untuk mengurangi migran. Semoga bermanfaat.