Loading...

5 Makanan Sehat Setelah Melahirkan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita
 makanan setelah melahirkan

TERUSKAN.COM – Memiliki bayi adalah pengalaman yang indah dan momen yang menggembirakan bagi seorang wanita. Namun, setelah melahirkan Anda diikuti dengan tanggung jawab yang besar.

Pasca melahirkan, biasanya setiap wanita akan mulai memikirkan masalah mengenai berat badan yang diperoleh selama kehamilan dan juga makan sehat apa yang sebaiknya dikonsumsi setelahnya.

Bahkan setelah melahirkan, seorang wanita masih harusmengonsumsi makanan sehat untuk ibu dan bayi. Ya, untuk mendapatkan ASI dengan nutrisi yang baik, seorang ibu sebaiknya mengonsumsi makanan sehat.

Loading...

Apa saja makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu setelah melakukan persalinan?

1. Salmon

Seperti jenis ikan lainnya, salmon memiliki kandungan  asam lemak omega3 yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Selain itu, salmon juga memiliki jenis lemak yang disebut sebagai DHA. DHA ditemukan dalam ASI meskipun dalam jumlah kecil dimana baik untuk sistem saraf bayi.

Mengkonsumsi salmon setidaknya dua kali seminggu akan meningkatkan kadar DHA pada ASI ibu yang tidak hanya baik untuk ibu tetapi juga bayi.

Meskipun salmon baik, untuk wanita hamil harus lebih berhati-hati mengkonsumsi salmon karena mengandung merkuri. Makanan laut lainnya juga baik tetapi konsumsilah dalam jumlah yang  tepat untuk menghindari merkuri yang cukup tinggi seperti dalam  makarel.

2. Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti susu, keju dan mentega adalah pilihan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, vitamin B dan kalsium yang diperlukan ibu setelah melahirkan. Vitamin-vitamin dan kalsium tidak hanya bermanfaat untuk ibu, tetapi juga memperkuat tulang bayi yang baru lahir saat disalurkan menlalui ASI.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Tidak semua orang menyukai  ikan. Untuk Anda yang kurang suka atau benci dengan ikan, mengonsumsi daging sapi tanpa lemak dua atau tiga kali seminggu sangat baik untuk Anda.

Daging tanpa lemak merupakan sumber yang baik untuk pemenuhat zat besi serta vitamin B12 dan protein. Di samping itu  juga memberikan tambahan energi untuk ibu sehingga akan lebih efektif mengurus bayi.

makanan sehat setelah melahirkan

4. Beras Merah dan Kacang-kacangan

Kebanyakan dari Anda akan mengurangi porsi karbohidrat seperti dari nasi untuk mengembalikan bentuk tubuh. Tapi ini adalah cara yang buruk untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi karbohidrat karena akan membuat Anda merasa lemah dan lamban.

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi beras, menggantinya dengan beras merah bisa menjadi pilihan dan kacang-kacangan yang merupakan sumber serat. Kacang-kacangan juga merupakan pilihan yang sehat untuk para vegetarian atau ibu yang baru melahirkan.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam atau kangkung menjadi makanan yang harus dikonsumsi ibu setelah melahirkan. Kandungan zat besi, asam folat dan serat di dalamnya sangat baik untuk ibu. Tidak hanya membuat Anda lebih bersemangat dan aktif, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih segar.

**

Saat Anda sudah menjadi seorang ibu, penting untuk mendapatkan banyak asupan nutrisi agar tetap kuat dan sehat. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan kekuatan saat mengurus bayi nanti.

 Semoga bermanfaat.