Loading...

Makanan Sehat Penambah Bobot Badan Si Kecil

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

makanan untuk bayi

TERUSKAN.COM – Jika bayi Anda tidak mendapatkan berat badan yang cukup, Anda mungkin harus mengkhawatirkan mengenai kesehatannya. Meningkatkan asupan kalori bayi Anda setiap hari adalah salah satu cara untuk menambah berat badannya kembali ke tingkat normal.

Selain melakukan konsultasi dengan dokter anak Anda, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi juga akan menentukan berapa banyak kalori tambahan yang dibutuhkan bayi.

Loading...

Berikut adalah jenis makanan sehat yang akan menambah bobot badan buah hati Anda.

1. ASI atau Susu Formula

Bayi terkadang mendapat lebih banyak nutrisi dari ASI, susu formula atau susu soya. Jika bayi Anda berusia kurang dari satu tahun, susui setidaknya 5-6 kali seharinya untuk mendapatkan asupan ASI, menurut Signe Larson dan Kevin Osborn dalam buku mereka.

Jika bayi Anda berusia setidaknya satu tahun, berikan asupan susu yang tinggi akan kadungan lemak dan kalori setidaknya 5 kali sehari dengan takaran yang tepat.

Bayi Anda membutuhkan banyak lemak jika Anda ingin menambah berat badannya. Anda juga dapat menanyakan kepada dokter jika ingin menambahkan makanan pendamping seperti sereal pada susu formula karena dapat meningkatkan kebutuhan jumlah kalori pada bayi Anda setiap harinya.

2. Yougurt

Sama seperti susu yang memiliki jumlah lemak dan kalori yang akan menambah berat badan pada bayi, yougurt juga demikian. Pilih merek yogurt yang dibuat dengan susu dan khusus untuk bayi.

Biasanya yougurt khusus bayi akan mengandung lebih banyak lemak dan kalori, dengan takaran gula yang sedikit. Selain yougurt, keju juga menjadi makanan pendamping yang baik untuk menambah lemak pada si kecil.

makanan bayi

3. Gandum

Makanan yang terbuat dengan gandum atau biji-bijian mengandung jumlah kalori yang baik dan juga menjadi makanan sehat untuk diberikan pada bayi Anda.

BabyCenter merekomendasikan untuk menggabungkan lebih banyak makanan yang dibuat dengan biji-bijian untuk meningkatkan jumlah kalori bayi setiap hari. Anda dapat membuat pancake dengan tepung gandum utuh atau roti yang dibuat dengan gandum.

Pasta gandum yang dipotong-potong kecil juga menjadi makanan berkalori tinggi lainnya yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Hot sereal, seperti oatmeal, adalah pilihan bergizi lainnya. Mencampurkan sereal dengan susu akan lebih baik untuk meningkatkan kalori.

4. Buah dan Sayuran

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung jumlah kalori per porsi yang lebih besar dan membantu bayi Anda mendapatkan berat badan dan pasokan nutrisi yang seimbang.

Salah satu jenis buah yang akan menambah berat badan anak Anda adalah alpukat karena tinggi akan kandungan lemak tak jenuh yang sehat dengan jumlah kalori yang tepat.

Jenis buah lain seperti pir dan pisang adalah beberapa jenis buah dengan banyak kalori daripada jenis buah lainnya. Sedangkan untuk sayuran, tambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau mentega saat memasak sayuran untuk menambah kandungan lemak.
**
Demikian beberapa jenis makanan sehat yang dapat Anda berikan pada si kecil. Ingat, meskipun Anda ingin membuat si kecil terlihat segar dan bugar pastikan makanan yang dipilih tetap sehat dan pastinya tidak melewati berat badan ideal yang akan berujung pada obesitas.

Semoga bermanfaat.