Loading...

4 Tips Membeli Sepeda Olahraga Untuk Pemula

Penulis: Visyam89 Rubrik: Sport

tips membeli sepeda

TERUSKAN.COM – Bersepeda di pagi hari sangatlah menyenangkan. Selain bisa menikmati udara sejuk di pagi hari juga bisa berolahraga untuk menyehatkan tubuh. Apalagi sekarang semua orang sudah memperhatikan masalah polusi udara, berbagai program mulai digalakkan untuk mmengurangi polusi tersebut.

Salah satunya dengan program car free day, sudah beberapa kota besar di negara kita ini menjalankannya terutama saat liburan akhir pekan. Nah, lintasan car free day tersebut biasanya digunakan bebas untuk bersepeda namun tertutup bagi motor atau mobil.

Loading...

Ada berbagai macam sepeda yang tersedia di pasaran dengan kisaran harga 1 juta ke atas bahkan ada yang lebih dari 10 juta. Namun, dalam memilih sepeda bukan hanya masalah harganya yang dibahas. Tetapi ada hal-hal lain yang bisa mempengaruhi dalam menggunakannya.

Mungkin anda berpikir bahwa sepeda yang paling mahal tentu kualitasnya bagus dan nyaman digunakan. Memang sih, harga menentukan kualitas tetapi belum bisa menjamin sepenuhnya kenyamanan pengendara. Lantas bagaimanakah memilih sepeda yang tepat?

Berikut ini 4 tips memilih dan membeli sepeda.

1. Lihat katalog dan tentukan sepeda mana yang anda minati

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari katalog sepeda baik dengan tanyapada  teman, baca buku ataupun secara online. Sehingga anda tahu tentang macam-macam sepeda dan perbedaan kelebihan maupun kekurangan sepeda dari berbagai merk.

Perhatikan juga harganya agar anda bisa menyiapkan budget khusus untuk membeli sepeda. Dengan membaca katalog berarti anda bisa menentukan pilihan dan tahu berapa kisaran harga untuk sepeda yang anda inginkan, sehingga tidak kemahalan saat membeli.

2. Datanglah ke toko sepeda yang terpercaya

Mintalah saran teman atau orang terdekat toko mana yang jujur dan bisa dipercaya. Hal ini untuk mewaspadai kecurangan dalam komponen-komponen sepeda yang bisa saja ditukar sehingga bukan lagi barang aslinya.

Biasanya juga pelayanan di toko sepeda yang resmi terdapat garansi atau juga servis gratis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, mereka juga akan menyarankan anda untuk memilih sepeda yang baik dan akan menjadi populer nantinya.

3. Amati komponen-komponen sepeda

Ada beberapa komponen sepeda yang harus anda periksa, karena sangat menunjang keslamatan dan kenyamanan saat bersepeda yaitu :

  • Garpu yaitu salah satu komponen suspensi yang mengendalikan tingkat keluwesan sistem suspensi saat berkendara.
  • Derailleur yaitu bagian komponen sepeda yang berfungsi untuk mengendalikan pemindahan rantai dari gigi sproket ke sproket lainnya.
  • Masih ada rem yang anda harus perhatikan karena sangat penting fungsinya karena dapat memberhentikan sepeda saat perjalanan apalagi saat dalam turunan.
  • Selanjutnya periksa roda sepeda, karena menentukan kelancaran saat bersepeda. Terlebih lagi kualitas bannya bisakah untuk menerjang jalan kasar.

Mintalah penjelasan kepada penjual sepeda tentang semua komponen tersebut agar anda lebih jelas dan paham serta dapat menangani saat terjadi masalah yang ringan.

4. Cobalah sepeda tersebut

Sebelum anda ingin membawa sepeda tersebut pulang, cobalah dulu beberapa saat. Rasakan kenyamanan saat menaikinya, coba kelenturan, tempat duduknya, dan yang lainnya sampai anda benar-benar merasa bahwa sepeda itulah yang tepat untuk anda. Tetapi jangan lama-lama ya, nanti bisa dimarahi penjualnya.

Eits, jangan lupa juga pikirkan sepeda tersebut untuk masa depan. Karena sepeda tidak seperti motor atau mobil yang setiap tahun ganti trend tetapi sepeda juga bisa digunakan untuk masa depan asalkan kondisinya masih baik dan terawat.

**

Cukup sederhana bukan? Yuk, mari bersama-sama menjadi konsumen cerdas dengan cara membaca tips, cara, langkah-langkah atau pengetahuan tentang sesuatu yang anda beli.