Loading...

5 Cara Belajar Yang Menyenangkan

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Pendidikan

cara jitu menumbuhkan semangat belajar

TERUSKAN.COM – Belajar merupakan aktivitas yang begitu bermanfaat namun begitu sulit untuk dikerjakan. Kegiatan yang sebetulnya mudah untuk dilakukan namun terkadang menjadi rumit ketika hendak melaksanakannya.

Setiap individu tentunya memiliki kebutuhan tersendiri dalam belajar. Tergantung kebutuhan dan kapasitasnya masing-masing.

Loading...

Ada sebagian orang yang memiliki kesulitan dalam belajar dan ada juga yang memang memiliki kemudahan dalam belajar. Lagi-lagi kembali kepada individu masing-masing. Bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam belajar harus lebih bekerja keras agar mendapatkan hasil yang maksimal dibanding dengan orang-orang yang memang memiliki kelebihan dalam belajar.

Hal yang demikian juga yang seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi seseorang yang memiliki minat belajar namun tidak memiliki kapasitas sesuai dengan yang diharapkan. Hingga pada akhirnya mereka menjadi orang yang pesimis dan berselera rendah dalam belajar.

Namun kita tidak perlu pesimis akan hal itu. Setidaknya ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan mood kita dalam belajar. Entah itu kegiatan membaca, menulis, berhitung, dan kegiatan belajar lainnya.

Berikut merupakan tips yang mudah dalam cara belajar yang menyenangkan:

1. Musik

Hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan selera belajar adalah dengan musik. Musik memiliki peranan yang penting dalam proses belajar. Dengan menggunakan musik kita akan lebih rileks dan nyaman dalam belajar.

Contoh: ketika kita membaca sambil mendengarkan musik akan membuat diri kita nyaman dengan apa yang kita dengarkan. Biasanya setiap individu memiliki genre musik yang berbeda-beda tergantung selera.

2. Cemilan

Belajarlah dengan ditemani beberapa cemilan. Bagi beberapa orang yang hobi makan, tips yang kedua ini mungkin bisa anda lakukan.

Biasanya belajar yang efektif itu menguras banyak tenaga. Dan ketika otak terus bekerja dan tenaga semakin berkurang, hal yang kita butuhkan adalah makanan. Benar sekali! Makanan sangat membantu dalam proses belajar.

3. Minuman

Dalam meningkatkan selera belajar kita bisa menggunakan minuman sebagai amunisi yang ampuh. Contoh: belajar dengan ditemani secangkir teh hangat, kopi, susu, atau minuman apa saja sesuai selera akan menambah mood kita dalam belajar.

4. Tempat

Meskipun tidak semua orang senang dengan tempat sepi. Usahakan ketika proses belajar kita cari tempat yang agak sepi. Seperti di perpustakaan, di kamar pribadi, atau di mana saja.

Mengapa? Karena ketika kita belajar dalam keadaan yang ramai (berisik) akan sangat mempengaruhi kosentrasi kita terhadap proses belajar hingga akhrinya kita tidak akan mendapatkan apa-apa.

5. Berdiskusi

Tentunya belajar sendiri itu lebih berat dibanding dengan belajar berkelompok (diskusi). Selain berdiskusi akan memberikan kita informasi yang lebih, ternyata diskusi memiliki daya dobrak yang cukup lumayan dalam meningkatkan selera belajar.

Karena seseorang yang belajar sendiri cenderung akan memiliki rasa malas dan bosan sebelum proses belajar terjadi.

**

Demikianlah beberapa tips untuk meningkatkan mood dalam belajar. Semoga dari kelima tips tersebut setidaknya ada satu tips yang dapat membantu anda. Tentunya dengan niat dan keinginan yang kuatlah yang paling membantu anda dalam meningkatkan semangat belajar.

Selamat belajar.