Loading...

6 Tips Mudah Belajar Fisika

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Pendidikan

TERUSKAN.COM – Belajar menjadi kewajiban semua orang, apalagi yang masih duduk di bangku sekolah. Harus mematuhi jadwal pelajaran dan terkadang harus menghadapi pelajaran yang paling dibenci dengan alasan susah dimengerti, gurunya galak, dan alasan lainnya.

Namun, ada loh tips mudah dalam belajar fisika. Untuk para orangtua, kakak-kakak, dan yang mengalami kesulitan dalam belajar fisika, berikut tips mudahnya untuk belajar fisika.

6 Tips Mudah Belajar Fisika

Loading...

Bukan Menghafal rumus, melainkan memahami konsep

Memahami alur rumus dari konsep awal sampai menjadi rumus akhir adalah kunci utamanya, karena saat menghafal rumus otak akan lebih mudah lupa. Tujuannya adalah supaya lebih mudah mengerti darimana rumus-rumus itu berasal, semenjak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir.

Misalnya, anak anda belajar vektor kemarin, tentang proyeksi vektor. Bukankah tidak selalu bahwa Fx = F cos teta? Bagaimana sebelumnya berekreasi ke lembah matematika mencari si-trigonometeri, yang pernah dikenalkan waktu smp, untuk memahamkan bahwa panjang proyeksi vektor itu ternyata hanya aplikasi dan modifikasi tentang rumus sudut-sudut pada segitiga siku-siku.

Keindahan fisika sebenarnya terletak pada konsep, yang selama ini sering ditelantarkan. Dengan memahami konsep secara baik (dan benar), kita dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu fisika. Dengan memahami konsep secara baik dan benar, rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah.

Memahami Pokok Pembahasan

Banyak yang kurang memahami konsep fisika, lebih banyak melupakannya. Pada dasarnya, belajar fisika dengan mudah harus tahu dan menguasai konsep dasarnya walaupun tidak semuanya.

Mencari informasi di berbagai media juga baik, karena akan semakin banyaklah mendapatkan informasi tentang pelajaran yang menakutkan ini sehingga mudah untuk menundukannya, dan menjadikannya sebagai mitra untuk berkoalisi untuk menghadapi musuh lain.

Latihan mengerjakan soal dari mudah ke sulit

Cobalah berani untuk memulai dari soal-soal yang dianggap atau kelihatan mudah. Jika masih ragu, minta pilihkan dengan guru, soal mana yang sebaiknya terlebih dahulu dikerjakan. Kemenangan demi kemenangan dalam menaklukan beberapa soal menjadikan suatu pengalaman yang sulit terlupakan. Dan ini akan menjadi suatu ekstase yang mencandukan.

Menghubungkan Fisika dengan ilmu lainnya

Mulailah untuk menghubungkan materi seolah-olah materi yang akan dipelajari ini terlepas dari materi yang sudah-sudah. Jadi, jika ada materi baru, tanyakan kepada guru, kira-kira apa kaitannya dengan materi lalu. Hal ini akan memudahkan kita menarik benang merah hubungan antara keduanya.

Mengembangkan soal

Jangan selalu terbuai dengan kemenangan-kemenangan menghadapi lawan yang lebih lemah. Kemenangan yang seperti itu, meski berguna untuk meningkatkan motivas. Memulai mencoba dengan soal-soal yang lebih sulit, atau bervariasi.

Keberhasilan menaklukan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi akan membawa suatu kenikmatan yang berbeda. Beberapa hal yang harus diingat saat pertama, mengerjakan soal-soal fisika dalam satu langkah; mengerjakan soal dalam beberapa langkah; menggambar sketsa; dan menggambar grafik dan mengubah variabel.

Rajin berlatih

Haruskah belajar dan berlatih sesering mungkin ? jawabannya harus, karena dengan mengerjakan soal fisika, dengan sendirinya rumus diingat, dan akan terhapal dengan sendirinya. Kemudian semakin memahami konsep fisika. Jangan takut gagal dan bosan. Berlatihnya dengan giat diiringi dengan doa. Niscaya akan manjur, yang penting menyimak beberapa tips di atas dan mempraktekannya dengan sepenuh hati.