Loading...

5 Tips Memilih Dan Membeli Sepatu

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Fashion

Memilih Sepatu

TERUSKAN.COM – Harga sepatu yang biasanya di atas Rp.300.000 sepertinya membuat kita harus lebih teliti ketika membelinya, jadi jangan sampai uang tersebut melayang ketika Anda tahu bahwa sepatu tersebut tidak sempurna dan tidak nyaman dikenakan di kaki.

Jadi, bagi Anda yang berencana untuk membeli sepatu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum sepatu tersebut Anda bayar di kasir. Ini cukup penting, karena saya punya pengalaman buruk ketika membeli sepatu, padahal saya membelinya di sebuah Mall besar dan terkenal.

Loading...

Baiklah, berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan ketika membeli sepatu.

Tujuan Membeli Sepatu

Sebelum membeli, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda membeli sepatu tersebut, apakah untuk kerja, kuliah, atau jogging?

Kenapa? Karena jika Anda membeli sepatu dengan alasan “diskon besar” biasanya sepatu tersebut jarang terpakai dan hanya berdebu  tersimpan lama di lemari.

Model Sepatu

Setelah Anda punya tujuan, maka Anda bisa mulai memilih model mana yang Anda sukai. Untuk masalah ini, tentunya Anda punya selera masing-masing, jadi semuanya terserah kepada Anda.

Selain memeriksa modelnya, Anda juga harus memeriksa kenyamanan kaki Anda karena model bagus belum tentu nyaman di kaki. Jadi utamakanlah kenyamanan Anda, apalagi jika Anda termasuk orang yang sering melakukan kegiatan berjalan.

Model kaki

Bagian ini biasanya jarang sekali diperhatikan. Padahal, bagian ini sangat penting karena akan menentukan keawetan sepatu yang kita pakai tersebut.

Lihat model kaki Anda! Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai ukuran kaki yang besar/lebar di bagian depan (bagian jari kaki) atau Anda termasuk orang yang mempunyai ukuran yang tidak terlalu jauh antara bagian depan dan belakang kaki?

Bahan Sepatu

Jenis bahan sepatu sangat penting diketahui, karena jika kita tidak mengetahui jenis bahannya maka kemungkinan sepatu menjadi cepat rusak. Untuk bagian ini, pilihlah bahan yang sesuai dengan tempat Anda bekerja.

Jika Anda bekerja di kantoran, maka bahan kulit tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, jika pekerjaan Anda menuntut untuk sering bepergian, atau beraktivitas fisik, maka sepatu dengan bahan kain akan lebih cocok.

Untuk sepatu berbahan kulit, ada beberapa yang mudah rusak, jadi usahakan untuk tidak terlalu sering terkena air dan simpan di tempat yang sejuk. Saat menyimpan sepatu berbahan kulit, disarankan untuk selalu membungkusnya, entah dengan kertas koran atau disimpan di dalam kardus sepatunya sendiri.

Warna Sepatu

Mungkin bagian ini agak sedikit sulit, karena banyaknya pilihan warna dan selera orang yang berbeda-beda. Namun, jika Anda membeli sepatu (terutama) bagi yang bekerja dengan menggunakan seragam, pilihlah warna sepatu yang bisa dipadupadankan dengan banyak seragam di lemari Anda.

Bagi yang sering beraktivitas di lapangan, maka usahakan mebeli sepatu berwarna gelap agar tidak terlalu nampak kotor ketika dipakai.

Untuk sepatu kets, tidak ada peraturan yang terlalu ribet mengenai warna, namun bagi sepatu pantofel, diusahakan jangan memebeli warna cerah, seperti putih atau abu muda karena biasanya akan sulit dipadupadankan dengan pakaian yang ada, dan juga akan sangat mudah terlihat kotor.

**

Nah, itulah tips penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli sepatu. Jangan sampai salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Lebih baik Anda agak lama di toko sepatu untuk memilih dan mengamati dibanding terburu-buru dan jadinya sepatu baru yang dibeli hanya teronggok di lemari karena tidak nyaman dipakai.

Semoga bermanfaat.