Loading...

3 Olahan Unik Dari Jantung Pisang

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

Resep Jantung Pisang

TERUSKAN.COM – Jika Anda sering melihat jantung pisang dijual di pasar-pasar tradisional, Anda mungkin sering bertanya bagaimana cara mengolah bahan tersebut? Apa saja bumbunya? Benar bukan?

Jantung pisang sebenarnya bisa diolah menjadi beberapa masakan sebagai pendamping nasi, namun karena jarangnya orang yang mengolah dan ketidaktahuan orang akan bahan tersebut, membuat jantung pisang sangat asing jika akan dimasak.

Loading...

Nah sekarang Anda bisa mulai bereksperimen di dapur kesayangan Anda, siapa tau saja menu baru ini bisa menjadi salah satu favorit suami dan anggota keluarga lainnya. Atau mungkin menjadi menu baru yang cukup unik untuk Anda sajikan di meja makan.

Baiklah, ini dia 3 olahan unik berbahan dasar jantung pisang. Perlu diketahui, sebelum mulai mengolah jantung pisang Anda harus merebusnya terlebih dahulu dan kemudian peras hingga tidak berair lagi. Hal itu bertujuan untuk membuang getah yang ada di dalamnya.

Jika sudah direbus maka jantung pisang tersebut bisa mulai diolah menjadi beragam menu di bawah ini:

1. Tumis Jantung Pisang

Untuk membuat olahan ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabe jika Anda penyuka pedas.

Cara memasknya hampir sama dengan cara menumis sayuran lainnya, yakni semua bumbu tersebut diiris tipis lalu ditumis hingga harum. Setelah itu, masukan jantung pisang yang sudah di rebus. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula secukupnya lalu aduk rata hingga matang.

2. Pepes Jantung Pisang

Selain ditumis, jantung pisang juga bisa dipepe. Uuntuk menu pepes jantung pisang ini biasanya dipepes menggunakan nasi putih dan telur, jadi ketika matang Anda tinggal memakannya tanpa perlu memakai nasi lagi.

Siapkan nasi putih secukupnya, telur, jantung pisang yang sudah direbus, bawang merah, bawang putih, tomat, daun kemangi, daun salam, dan tentunya daun pisang sebagai pembungkusnya nanti.

Jika semuanya sudah siap, maka Anda bisa memulainya dengan mengiris bumbu tersebut. Selanjutnya kocok lepas telur yang disediakan, lalu campurkan dengan nasi, jantung pisang, dan bahan yang sudah diiris tadi lalu aduk hingga rata. Jangan lupa untuk menambahkan garam agar rasanya menjadi gurih.

Setelah semuanya tercampur rata, maka siapkan daun pisang. Bungkus adonan tersebut dengan daun pisang. Tahap selanjutnya, Anda tinggal mengukusnya selama 20-30 menit dan pepes jantung pisang siap disajikan.

3. Sayur Jantung Pisang

Untuk menu ini mungkin akan sedikit rumit, namun tidak ada salahnya jika dicoba. Siapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, daun salam, tomat, dan air santan. Setelah semuanya siap, ulek daun bawang, bawang merah, kemiri, dan kunyit hingga halus. Setelah itu tumis bumbu tersebut hingga wangi dan kemudian masukkan daun salam, tomat, dan juga jantung pisang yang sudah direbus.

Selanjutnya, masukkan santan beserta gula dan garam, lalu aduk-aduk sayur tersebut hingga matang dengan api sedang. Jangan sampai santannya pecah, karena itu akan memengaruhi rasa sayur tersebut.

**

Demikianlah resep dan cara mengolah jantung pisang. Bagaimana? Hanya dengan satu jenis bahan makanan yaitu jantung pisang, ternyata bisa diolah menjadi 3 resep olahan makanan yang berbeda.

Semoga keluarga Anda menyukainya dan mendapatkan nutrisi sehat dari jantung pisang. Selamat mencoba.

(Foto: hazila.blogspot.com)