Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Nipis

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

jeruk nipis

TERUSKAN.COM – Berbicara soal mengenal buah, sapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Ya, jeruk nipis, pastilah kita kenal karena memang buah yang satu ini sangat mudah kita temukan di pasaran dan kegunaannya yang banyak dalam kehidupan kita. Oleh karenanya, kita pasti familier dengan buah yang satu ini.

Buah jeruk nipis, yang mempunyai nama latin Citrus aurantifolia ini merupakan tanaman perdu dengan nama yang sama untuk buahnya. Rasanya sedikit agak pahit dan asam. Biasanya, jeruk nipis ini digunakan untuk mengasamkan makanan.

Loading...

Kandungan Jeruk Nipis

Tahukah Anda, bahwa jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita?

Dari sekian banyak kandungan yang dimiliki oleh jeruk nipis, salah satu yang penting adalah Vitamin C. Vitamin C sangat penting bagi tubuh kita karena Vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu, jeruk yang sering “salah – kaprah” dinamai dengan jeruk limau ini mengandung berbagai macam kandungan lain yang juga baik bagi tubuh seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, folat, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan lain – lain.

jus jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari satu buah jeruk nipis, beberapa di antaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, jeruk nipis dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk, amandel, dan sakit gigi.

Untuk menyembuhkan batuk, dapat dilakukan dengan cara memeras satu/dua buah jeruk nipis masak, lalu seduh dengan air panas kurang lebih 60 ml. Tambahkan ½ sendok teh air kapur sirih. Air seduhan jeruk nipis ini dapat diminum 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

Atau, bisa juga dengan mengonsumsi perasan air jeruk nipis dicampur dengan kecap, seperti yang banyak dilakukan orang.

Untuk mengobat amandel, potong dan cuci bersih kulit jeruk yang berasal dari 3 buah jeruk nipis, rebus dengan 2 gelas air, hingga tinggal ¾ bagian saja. Gunakan air rebusan kulit jeruk nipis ini untuk berkumur hingga 4 kali sehari.

Selain untuk mengobati penyakit, manfaat jeruk nipis dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh. Caranya adalah dengan meminum perasan air jeruk nipis yang diseduh dengan air secukupnya.

Menyeduh perasan air jeruk nipis bisa menggunakan air panas atau air dingin. Tetapi akan lebih baik jika diseduh dengan air dingin. Selain akan menyebabkan rasanya lebih, segar, kandungan Vitamin C-nya pun akan tetap terjaga.

Air seduhan jeruk nipis ini bisa diminum saat pagi hari sebelum makan. Penting untuk diperhatikan. mengonsumsi air seduhan jeruk nipis ini harap berhati – hati bagi Anda yang mempunyai masalah dengan lambung.

Untuk kecantikan, jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, memutihkan kulit wajah dan leher, mencegah rambut ronotok dan berketombe, dan lain ¬ lain.

Dalam praktek sehari – hari pun tanpa sadar kita banyak menggunakan jeruk nipis, misalnya untuk menghilangkan lemak saat mencuci piring.

**

Nah, sangat banyak bukan manfaat dari buah yang satu ini. Jeruk nipis dapat membantu kita dalam kehidupan sehari – hari dengan murah, mudah, dan aman.

Selamat mencoba.