Loading...

9 Khasiat Jahe Untuk Wanita

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

manfaat jahe

TERUSKAN.COM – Dari jaman nenek moyang kita terdahulu yang selalu meninggikan budaya leluhur Indonesia, kita sudah mengenal yang namanya jahe sebagai salah satu bahan tradisional yang bagus untuk perawatan kecantikan wajah maupun kesehatan tubuh kita.

Di Indonesia sendiri kita mengenal beberapa macam jenis atau varietas jahe (Zingiber officinale) yang akhir – akhir ini banyak dibudidayakan oleh petani di seluruh Indonesia bahkan hampir di seluruh dunia.

Loading...

Berdasarkan kategori jenis ukuran, bentuk, warna serta manfaat dan khasiatnya, kita mengenal tanaman jahe dari macam dan jenisnya sebagai berikut :

  • Jahe gajah berukuran besar dan ruas rimpang atau umbi lebih banyak
  • Jahe putih atau jahe kuning berukuran lebih kecil dan berwarna putih kekuning-kuningan, ruas rimpang agak kecil terkadang memiliki bentuk agak kembung atau gemuk
  • Jahe merah berukuran kecil tetapi mempunyai warna kulit rimpang sangat cantik yaitu kemerah–merahan

Setelah kita mengenal dengan baik jenis-jenis jahe, maka ada baiknya kita mengetahui beberapa khasiat jahe dalam kehidupan manusia terutama kaum wanita, baik itu sebagai kecantikan maupun kesehatan tubuh, seperti diulas di bawah ini :

1) Untuk mencegah jerawat

Caranya adalah cuci wajah dengan air jahe hangat secara rutin setiap hari (lebih baik saat mandi sore), dapat membantu meringankan sakit jerawat membandel dalam jangka waktu 60 hari. Cara ini bagus juga dipakai sebagai pelembab alami kulit wajah yang kering disertai bintik – bintik hitam akibat flek.

2) Mencegah ketombe

Dengan cara menggosokkan pasta jahe secara merata ke seluruh permukaan kepala hingga seluruh rambut, lakukan pemijatan ringan beberapa menit, lalu diamkan kira – kira 20 menit. Setelahnya bilas rambut (lebih bagus lagi dengan menggunakan sampo anti ketombe) hingga benar – benar bersih. Cara ini juga cocok untuk mencegah kerontokan rambut.

Salah satu perawatan tradisional yang dilakukan dibeberapa salon/spa yang ada di Tiongkok Cina, menggunakan air jahe hangat dalam perawatan kesuburan rambut dan pencegahan ketombe, dan memang benar – benar berhasil.

3) Menghilangkan bau kaki

Caranya sangat mudah yaitu sediakan satu baskom sedang air jahe hangat – hangat kuku, tambahkan sedikit cuka dan garam, aduk rata lalu rendamlah kedua kaki anda selama kurang lebih 15 menit.

Lalu angkat dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut, terakhir taburi dengan bedak talk. Lakukan perawatan ini secara rutin.

4) Mencegah mabuk perjalanan

Semua jenis jahe sangat efektif dalam mencegah mabuk perjalanan. Keefektifan ini bahkan bisa mengalahkan obat mabuk berbahan dasar zat-zat kimia yang telah beredar luas di pasaran.

Selain itu, jahe juga bermanfaat bagus untuk mengatasi dan meringankan morning sickness atau rasa mual yang biasa diderita oleh wanita hamil.

5) Perut kembung

Ekstrak jahe bermanfaat terutama untuk mereka yang menderita perut kembung dan nyeri. Jahe bermanfaat sebagai obat mujarab untuk penyakit – penyakit karena gangguan pencernaan dan iritasi usus.

6) Mencegah penyakit jantung

Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa ekstrak jahe bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah aterosklerosis dimana manfaat jahe seperti sebutir pil aspirin yang dapat mengurangi pembekuan darah, membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal serta meningkatkan sirkulasi darah.

7) Peradangan

Jahe banyak mengandung senyawa yang disebut gingerol. Senyawa ini bertanggung jawab sebagai aroma menyengat dan penguat rasa serta khasiat lainnya yaitu sebagai anti inflamasi.

Sekedar mengingatkan bahwa saat mencari obat anti peradangan, pastikan obat yang dimaksud memiliki kandungan gingerol.

8) Deman dan batuk

Seperti halnya pil aspirin, gingerol bisa berfungsi untuk mengurangi demam dan batuk untuk semua usia kecuali bayi dan balita.

Zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan efek samping seperti halnya obat – obatan kimia pada umumnya sehingga penggunaannya harus diperhatikan takaran yang tepat agar tidak berlebihan.

9) Arthritis

Ekstrak jahe bermanfaat bagus untuk  penderita arthritis dan osteoarthritis karena jahe diyakini banyak mengandung zat-zat yang dapat menghambat pertumbuhan COX yaitu salah satu sel – sel tubuh yang berfungsi melindungi tubuh terhadap timbulnya peradangan.

Jahe bagus sebagai herbal alami dalam menanggulangi arthritis.

**

Selain dipakai untuk perawatan kecantikan tersebut di atas dan mencegah/mengobati beberapa penyakit, jahe sudah terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati sakit nyeri dan sendi kaku, anti alergi serta penyakit gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Pengaplikasiannya pun sangat mudah yaitu dengan menggunakannya sebagai pasta yang dapat dicampur dengan bahan -bahan yang lain lalu dibalurkan pada bagian yang sakit atau diolah menjadi jamu tradisional.

Selamat mencoba!