Loading...

6 Keuntungan Bekerja Mandiri

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

Keuntungan bekerja mandiri

TERUSKAN.COM – Apa menurut anda keuntungan bekerja secara mandiri? Tentunya, bekerja mandiri bukanlah sebuah pilihan yang mudah. Anda perlu menyadari beberapa keuntungan dan kerugian yang didapat  jika anda mencoba bekerja mandiri, seperti tambahan bonus saat bekerja di hari libur atau jaminan kesehatan.

Namun, jika anda sudah keukeh memutuskan untuk bekerja mandiri, berikut adalah beberapa keuntunganya.

Loading...

Waktu fleksibel

Salah satu keuntungan utama bekerja mandiri adalah anda bisa mengatur waktu lebih fleksibel sesuai keinginan. Anda mungkin bisa bekerja sepanjang waktu, atau melebihi ketika anda menjadi karyawan tetap, namun secara umum anda bisa memilih jam yang tepat.

Misalnya, jika anda sudah berkeluarga, anda bisa mulai bekerja setelah anak kecil anda sudah tertidur, mengatur jadwal pertemuan, atau bahkan bekerja pada malam hari atau kapan pun waktu yang anda anggap lebih baik.

Jadi bos sendiri

Hal penting lainnya, jika anda ingin bekerja mandiri adalah anda tak perlu memiliki kesepakatan apapun dengan seorang bos, seperti halnya saat anda menjadi karyawan tetap. Anda bebas bekerja tanpa ada seseorang yang selalu mengawasi anda.

Menjadi bos bagi diri sendiri merupakan alasan kebanyakan orang ingin bekerja mandiri.

Pilih rekan kerja sendiri

Hal menyenangkan lainnya, saat anda bekerja mandiri, yakni membangun reputasi dan menyusun daftar klien, di mana anda dapat memilih dengan siapa saja anda cocok bekerja sama. Di awal-awal, anda mungkin harus bekerja keras untuk mendapat banyak kontak dan jaringan, namun seiring waktu berjalan anda bisa mengabaikan klien atau proyek yang anda rasa tak cocok.

Hal ini tentu berbeda dengan menjadi karyawan, di mana anda dituntut harus mampu bekerja sama dengan siapa pun yang ditugaskan perusahaan atau bos anda.

Kontrol

Bekerja untuk diri sendiri juga memberi anda otoritas untuk mengontrol hidup dan karir. Ketika anda menjadi karyawan, tentu anda memiliki sedikit otoritas, anda harus selalu sigap sedia menyelesaikan segala macam bentuk pekerjaan yang ditugaskan.

Menjadi pekerja mandiri akan memberi anda ruang untuk mengatur kegiatan setiap harinya dan menerima pekerjaan mana yang harus dilakukan serta lingkungan pekerjaan.

Bekerja di rumah

Dapat bekerja di rumah juga menjadi alasan favorit kebanyakan orang mengapa ingin bekerja secara mandiri. Terlebih jika anda sudah sangat lelah bergumul dengan segala hiruk pikuk lalu lintas atau transportasi umum di perjalanan sehari-hari pergi dan pulang kantor.

Selain itu, anda juga bisa bekerja lebih santai dengan pakaian kasual.

 Merasa puas

Pada akhirnya, bekerja untuk diri sendiri akan mendatangkan kepuasan. Misalnya saja, anda merasa mampu membangun bisnis dan masa depan yang baik untuk diri anda sendiri.

Tentu ini bukan pilihan mudah di mana semua orang mampu mempercayainya, namun jika anda memiliki rasa yang tepat atas pilihan ini, maka pasti anda tak akan pernah menyesalinya.

**

Mempertimbangkan banyak hal tentu sangat penting dilakukan sebelum anda memutuskan untuk bekerja mandiri. Misalnya, bekerja sendiri juga bisa mendatangkan rasa sepi atau kurang motivasi. Namun dengan ketetapan hati, disertai kerja keras dan talenta yang baik, bekerja secara mandiri bisa menjadi hal terbaik yang bisa anda lakukan.

Bagaimana dengan anda sendiri, lebih memilih kerja mandiri atau pekerjaan dengan penghasilan tetap?