Loading...

8 Manfaat Tidur Malam Lebih Cepat

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

Manfaat Tidur Malam Lebih Cepat

TERUSKAN.COM – Kebanyakan dari berusaha untuk menahan rasa kantuk pada malam hari, lantaran tak ingin melewatkan sesuatu. Sayangnya, ada konskuensi yang berakibat buruk jika kita tidak memiliki jam tidur yang cukup.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan mengapa kita harus mematikan berbagai bentuk elektronik (televisi, tablet, laptop) dan bersegera tidur, seperti dilansir Huffingtonpost.com.

Loading...

Sistem kekebalan bekerja lebih baik

Kita semua tahu jika tidur sangat dibutuhkan bagi fungsi sistem kekebalan tubuh yang normal. Banyak studi menunjukkan jika sistem kekebalan kita akan bekerja lebih baik ketika kita mendapat waktu cukup tidur.

Faktanya, beberapa studi juga telah mendemonstrasikan respon minim atas vaksin influenza dan hepatitis ketika jam tidur seseorang kurang dari ideal.

Meningkatkan memori

Ketika sebuah subyek riset menguji keterkaitan antara memiliki jam tidur cukup di malam hari dan kegiatan menerima informasi baru, maka orang yang memiliki jam tidur cukup bisa melakukan lebih baik dibanding yang tidak.

Hal ini juga menyinggung soal memori faktual atau memori prosedural, seperti saat seseorang sedang belajar naik sepeda atau bermain golf.

Merasa lebih baik secara emosional

Kita tahu bahwa gangguan tidur kronis pada seseorang memiliki peluang menderita kegelisahan dan depresi. Hal ini karena tidur memiliki peran dalam proses emosional pada saat kita sedang tertidur lelap.

Otak menjadi lebih “cemerlang”

Tidur yang baik berdampak sanga baik bagi proses regeneratif otak kita. Syaraf neuroplasticity pada otak untuk mencari jalan dan koneksi sangat bergantung pada cukup tidaknya tidur.

Stabilisasi gula darah

Orang yang memiliki gangguan tidur biasanya memiliki risiko menderita penyakit diabetes. Hal ini karena kekurangan tidur memicu resistensi insulin. Akibatnya, insulin tak dapat masuk ke dalam sel sehingga tak mampu menggunakan pengaruhnya.

Pada kajian terbaru, Asosiasi Diabetes Amerika sangat menekankan pentingnya tidur sebagai upaya mencegah penyakit diabetes.

Memperbaiki otot syaraf

Selama tidur, kita akan memproduksi hormon pertumbuhan. Pada anak-anak, tidur yang cukup sangat memengaruhi pertumbuhan mereka. Sedangkan, pada orang dewasa, tidur yang cukup dapat membantu pembentukan atau perbaikan jaringan otot syaraf.

Jika anda seorang atlet, mendapat tidur yang cukup sangat penting bagi sistem jejaring syaraf otot-otot tubuh.

Menurunkan berat badan

Anda ingin mengecilkan lingkar pinggang? Pergilah tidur 7-8 jam sehari. Kekurangan tidur berpotensi meningkatkan produksi hormon ghrelin berlebih. Ghrelin memicu hormon yang membuat nafsu makan tak terkendali.

Hidup lebih panjang

Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami gangguan kronis tidur memiliki hidup lebih pendek. Hal ini lantaran memicu berbagai penyakit, seperti tekanan darah, struk, dan serangan jantung.

**

Semua alasan di atas memiliki satu pesan yakni kita harus menjadikan tidur sebagai prioritas. Sayangnya, sebagian orang menganggap tidur hanya akan membuang waktu. Bagaimana pun juga tidur sangat penting perannya untuk pembentukan emosi dan fisik seseorang, dan tak bisa digantikan oleh apa pun.

Tidurlah lebih banyak, mulai sekarang!