Loading...

7 Dampak Buruk Penggunaan Laptop

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

efek samping laptop

TERUSKAN.COM – Dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer yang berukuran besar sudah diubah menjadi ukuran yang lebih kecil yang dikenal dengan nama laptop. Ukuran, harga dan bentuk yang berbanding jauh dengan komputer, membuat laptop laku di kalangan masyarakat saat ini.

Namun, di samping kenyamanan menggunakan laptop, ternyata ada risiko-risiko yang tanpa Anda sadari sangat merugikan terutama untuk masalah kesehatan.

Loading...

Apa saja dampak buruk yang terjadi saat Anda menggunakan laptop terlalu sering untuk kesehatan? Berikut ulasannya yang dilansir dari boldsky.com.

 1. Sakit Punggung

Tidak seperti komputer, laptop biasanya akan membuat Anda berada pada posisi yang lebih membungkuk saat menggunakannya.

Pada posisi ini, maka sakit pada bagian punggung akan lebih mudah muncul dibanding saat Anda menggunakan komputer. Bahkan, rasa sakit yang terjadi pada punggung dapat menyebabkan sakit punggung lebih parah.

2. Infertilitas atau Kesuburan

Salah satu risiko kesehatan utama saat Anda menggunakan laptop dengan cara diletakkan di atas paha adalah masalah ketidaksuburan.

Umumnya, hal ini akan lebih berisiko kepada pria yang cenderung meletakkan laptop di pangkuan. Panas yang dihasilkan dari laptop, akan merusak sperma dan radiasi dari laptop mempengaruhi mobilitas sperma dan kualitasnya.

3. Penglihatan

Ketika menggunakan laptop, Anda cenderung akan lebih sering melihat pada layar dengan jarak yang lebih dekat daripada saat menggunakan komputer.

Saat Anda melakukan hal ini, maka secara tidak langsung akan merusak indra penglihatan dengan menyebabkan beberapa masalah seperti ketegangan mata dan kekeringan pada mata yang akan membuat mata terasa perih.

Untuk solusinya, akan lebih baik jika Anda beristirahat sejenak dengan menutup mata sekitar 5-15 menit untuk membuatnya lebih rileks dan basah.

4. Sakit Pada Bagian Leher

Kebanyakan orang yang menggunakan laptop akan menekuk leher mereka dan melihat ke layar. Saat melakukan ini, maka Anda akan merasakan kaku pada bagian leher bahkan akan sampai pada tahap kronis. Bahkan yang terburuk, posisi ini akan membuat celah yang terbentuk pada bagaian tulang belakang.

5. Perubahan Warna Pada Kulit

Panas yang dihasilkan dari laptop yang diletakkan pada pangkuan dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan juga beresiko terjadi banyak penyakit kulit.

6. Kanker

Apakah Anda merasakan kulit gatal dan panas ketika Anda meletakkan laptop pada pangkuan selama berjam-jam? Hal ini bisa saja menjadi salah satu tanda dari kanker kulit untuk periode waktu tertentu.

7. Jari Terasa Kedutan

Tombol pada keypad laptop yang sempit dan saat Anda menggunakannya selama berjam-jam, akan berpeluang membuat otot-otot pada jari-jari Anda terasa berkedut atau mati rasa. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot jari terasa  beku selama beberapa periode waktu.

**

Untuk menjaga Anda tetap berada pada keadaan yang lebih baik tanpa perlu khawatir menggunakan laptop, ambil waktu istirahat sebaik mungkin untuk menghindari resiko-resiko tersebut. Lakukan rileksasi atau olahraga ringan untuk meregangkan otot-otot tubuh dan jangan lupa minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Semoga bermanfaat.