Loading...

9 Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka Kuning

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat semangka kuning

TERUSKAN.COM – Anda pasti sudah tidak asing mendengar nama buah semangka. Buah dengan kulit hijau dan daging merah di dalamnya menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Rasanya yang manis pun juga menjadi salah satu alasan mengapa buah ini digemari banyak orang.

Akan tetapi, apakah anda pernah melihat buah semangka berwarna kuning? Meskipun warnanya cukup kontras dengan warna buah semangka yang biasanya kita tahu, tapi soal rasa tetap tidak kalah nikmat.

Loading...

Kesegaran pun masih tetap bisa anda rasakan ketika menyantap buah ini. Semangka kuning memiliki banyak kandungan nutrisi serta manfaat bagi manusia.

Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka Kuning

Di bawah ini ada 9 manfaat yang dihasilkan ketika anda mengonsumsi buah semangka kuning, antara lain :

1. Menurut sejumlah ahli di Amerika Serikat buah semangka mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh yang dikenal bernama Citrulline. Zat ini diakui mampu merangsang senyawa-senyawa kimia lainnya yang ada di dalam tubuh untuk bekerjasama membantu pembuluh darah agar lebih fleksibel dan rileks. Kandungan senyawa ini memiliki manfaat yang sama dengan senyawa Viagra.

2. Buah semangka kuning mampu membantu jantung agar tetap sehat serta melancarkan sirkulasi darah. Hal ini lantaran asam amino yang terkandung di dalam buah semangka. Selain itu, mengkonsumsi buah semangka kuning juga dapat membantu daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit

3. Buah semangka kuning juga mampu membantu menyehatkan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan efek diuretic yang membantu merangsang anda untuk sering buang air kecil. Aktifitas inilah yang akan membuang racun dalam tubuh.

4. Buah semangka kuning juga mengandung senyawa likopen, yang berperan sebagai zat antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Keberadaan antioksidan ini penting karena mampu melindungi tubuh dari resiko mengidap kanker.

5. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya rutinlah mengonsumsi buah semangka kuning. Semangka kuning mengandung kalium, di mana mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Kandungan mineral yang ada di dalam buah semangka mampu menjadi alternatif saat anda merasa haus. Jadi selain mampu menghilangkan dahaga, buah ini juga dapat membantu menghilangkan rasa lelah karena kaya akan vitamin C yang rasanya menyegarkan.

7. Mengonsumsi buah semangka kuning secara rutin dapat mengatasi masalah pencernaan. Buah ini mengandung serat alami yang dapat mengatasi masalah pencernaan, juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan susah buang air besar.

8. Buah semangka kuning sangat cocok sekali bagi anda yang ingin melakukan diet. Hal ini disebabkan kandungan gula aman yang ada di dalam buah semangka kuning yang aman bagi penderita diabetes. Selain itu kandungan mineral di dalamnya juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh ketika menjalani diet. Dengan mengkonsumsi buah semangka kuning juga mampu mengenyangkan perut dalam jangka yang cukup lama.

9. Buah semangka kuning juga membantu menurunkan demam serta mengatasi sariawan.

**

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan semangka yang sekiranya bisa anda pertimbangkan. Selain menyegarkan, buah semangka ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi mulai sekarang tidak ada salahnya untuk secara rutin mengonsumsi buah semangka, bukan?