Loading...

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Merah

TERUSKAN.COM – Buah kecil dengan rasa manis yang dikenal dengan nama jambu biji merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Buah ini kaya akan vitamin C serta mineral yang dapat mencegah penyakit degeneratif dan menjaga fisik agar tetap bugar.

Selain buahnya, daun jambu biji ternyata juga memiliki beberapa manfaat, bahkan kerap digunakan untuk pengobatan diare, gastroenteritis dan masalah pencernaan lainnya. Daun jambu biji ini mengandung flavonoid, khususnya quercetin. Senyawa tersebut berperan sebagai antibakteri dan memiliki kontribusi besar terhadap efek antidiare.

Loading...

Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana buah jambu biji memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti jus, selai, pasta, dan lain sebagainya.

Buah jambu biji dianggap istimewa karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, zat besi, dan potasium. Buah jambu biji mengandung vitamin C sekitar 87 mg.

Selain itu, buah ini juga kaya akan zat non-gizi seperti polifenol, karotenoid dan serat makan. Jambu biji juga bebas dari sodium, asam lemak jenuh namun tetap kaya akan serat.

Nah di bawah ini ada beberapa manfaat kesehatan yang dihasilkan dengan mengonsumsi buah jambu biji, antara lain :

1 . Mengobati Disentri

Jambu biji mengandung astringents yang tinggi yaitu senyawa yang membantu membuat gusi terasa lebih kencang dan segar usai mengkonsumsi daun jambu biji atau jambu biji mentah.

Kandungan yang terdapat di dalam jambu biji adalah alkali zat yang mampu berperan sebagai desinfektan dan anti – bakteri, sehingga dapat menyembuhkan disentri oleh pembentukan lendir mikroba sekaligus menghambat aktivitas lendir dari bakteri penyebab disentri yang terdapat pada usus manusia.

2 . Kesehatan Jantung

Jambu biji segar mengandung potasium yang tinggi, bahkan lebih dari pisang per 100 g berat buah. Dalam tubuh sendiri, kalium adalah komponen penting yang membantu mengontrol tekanan darah serta jantung.

3 . Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B yang terkandung di dalam buah jambu memiliki peranan dalam fungsi otak. Jambu biji mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B3 dan B6.

Vitamin B3 dikenal sebagai niacin yang dapat merangsang fungsi otak serta membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 yang terdapat dalam buah jambu dikenal juga sebagai pyridoxine, yaitu nutrisi penting bagi fungsi saraf dan otak.

4 . Mengobati batuk dan pilek

Tahukah anda bahwa dengan mengonsumsi buah jambu mampu mengobati batuk dan pilek? Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu mengolah jambu biji mentah dengan cara dijus.

Nantinya jus tersebut mampu meredakan batuk dan dingin dengan cara melonggarkan saluran pernapasan disinfektan tenggorokan, mengurangi lendir, mengatasi masalah pernapasan dan paru-paru serta menghambat aktivitas mikroba.

5 . Mencegah risiko kanker, anti penuaan serta meningkatkan daya tahan tubuh

Jambu biji diakui memiliki kalori dan lemak yang rendah tapi mengandung vitamin yang penting seperti senyawa fenolik antioksidan poli, mineral serta flavonoid yang berperan dalam mencegah kanker, mencegah penuaan serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6 . Menjaga kulit tetap sehat

Studi menunjukkan bahwa likopen yang terdapat di dalam buah jambu mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit karena terkena efek sinar UV serta melindungi kulit dari kanker prostat .

7 . Sumber vitamin B kompleks

Jambu biji adalah sumber vitamin B kompleks seperti niasin, asam pantotenat, vitamin E, vitamin B6 ( pyridoxine), vitamin K, serta mineral seperti tembaga, magnesium dan mangan.

Mangan berperan sebagai co-faktor bagi enzim antioksidan, superoksida dismutase. Sementara itu, fungsi tembaga membantu produksi sel darah merah.

8 . Membantu mengobati demam berdarah

Ekstrak daun jambu biji dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah. Pada pasien yang menderita demam berdarah akan dengan mudah mengalami penurunan jumlah trombosit. Sehingga akan lebih baik dengan mengkonsumsi buah jambu biji