Loading...

Kandungan Dan Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM –  Jahe adalah rempah-rempah serta tanaman obat yang menghasilkan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Saat ini banyak sekali orang yang mengkonsumsi jahe dengan cara diolah menjadi minuman untuk menghangatkan tubuh.

jahe

Kandungan Rimpang Jahe

Jahe kaya akan senyawa kimia aktif, di mana masing-masing senyawa memiliki sifat tertentu terhadap tubuh. Jahe memiliki rasa pedas karena mengandung senyata keton yang dikenal dengan nama zingeron.

Loading...

Senyawa fenol, memiliki efek anti-inflamasi dan kerap digunakan untuk mengatasi penyakit pada sendi serta otot tegang.

Selain fenol, jahe juga memiliki kandungan Shogol dan zingilberene yang berperan sebagai anti – oksidan dan juga efektif melawan kanker dan penyakit jantung.

Senyawa penting lainnya yang terdapat dalam jahe adalah minyak esensial. Minyak ini mampu mengatasi rasa sakit serta membasmi bakteri baik.

Jahe terbagi menjadi 3 jenis, antara lain jahe putih besar, jahe putih kecil serta jahe merah.

Jahe putih besar memiliki rimpang yang besar dan terlihat menggembung, sementara jahe putih kecil memiliki rimpang agak datar dengan sedikit menggembung. Terakhir, jahe merah memiliki rimpang berwarna merah namun berukuran lebih kecil dibandingkan jahe putih.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe sendiri memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, antara lain:

1 . Mencegah mabuk perjalanan

Jahe efektif untuk mencegah mabuk saat di perjalanan. Tidak hanya itu saja, jahe juga mampu meringankan sakit pada pagi hari atau mual yang kerap dialami ibu hamil.

2. Mengatasi kembung

Ekstrak jahe sangat baik untuk mengatasi kembung dan nyeri. Jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan iritasi usus.

teh jahe

3 . Mencegah penyakit jantung

Studi terbaru membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membantu menjaga kesehatan pada jantung. Jahe ini mencegah aterosklerosis tersebut.

Manfaat jahe sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aspirin yang mampu mengurangi pembekuan darah. Jahe juga mampu menjaga kadar kolesterol sehat serta meningkatkan sirkulasi darah .

4. Mengobati peradangan

Jahe memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan nama gingerol. Senyawa ini berkontribusi terhadap aroma serta sifat anti – inflamasi.

5. Mengobati batuk & dingin

Gingerol yang terdapat di dalam jahe juga dipercaya mampu menurunkan demam dan mengatasi batuk. Dengan mengonsumsi jahe berarti menekan munculnya efek samping yang terkandung di dalam obat-obatan kimia.

6. Penghilang rasa sakit dan kaku sendi

Dalam uji klinis, jahe ternyata diakui mampu meredakan rasa sakit, mengurangi pembengkakan serta meningkatkan gerakan pada sendi. Jahe juga mampu mengurangi rasa sakit kepala, nyeri pada bagian punggung serta migrain.

jus jahe

7. Gula darah tinggi dan tekanan darah

Jahe sangat baik dikonsumsi untuk mengobati seseorang yang memiliki gula darah dan tekanan darah yang tinggi.

8. Anti Alergi

Jahe diakui mampu mengatasi masalah alergi. Selain itu, dengan mengonsumsi jahe anda tidak akan mudah merasa mengantuk.

**

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh jahe. Jadi mulai sekarang mungkin anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung jahe. Rasanya yang pedas tentunya menjadikan jahe ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung.

Banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi jahe dengan cara diolah dan dicampur dengan susu. Minuman tersebut biasanya kerap diandalkan untuk menghangatkan tubuh.

Ada juga beberapa orang tertentu yang lebih menyukai teh jahe. Wangi dan kehangatan yang diberikannya mampu meredakan perut kembung dan mengatasi hidung tersumbat.

Anda sendiri bagaimana, lebih menyukai teh jahe atau susu jahe?