Loading...

Langkah Mudah Membuat Nasi Liwet Enak

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

Cara Membuat Nasi Liwet

TERUSKAN.COM – Bagi Anda penggemar makanan Sunda pastinya tahu dengan nasi liwet. Ya, nasi dengan rasa gurih yang biasa disajikan dengan ikan atau ayam bakar, dan juga dilengkapi dengan lalapan dan sambal.

Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Anda ingin mencoba untuk membuatnya di dapur milik Anda sendiri? Itu bisa dilakukan, karena di bawah ini akan dibahas bagaimana cara membuat nasi liwet.

Loading...

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan sebelumnya, seperti bawang merah, bawang putih, kencur, daun bawang, daun salam, minyak goreng, garam, cabe rawit (bagi Anda yang menyukai pedas) dan tentunya beras.

Cara Membuat Nasi Liwet

Jika semua bahan tersebut sudah siap, maka Anda bisa mulai membuat nasi liwet. Hal pertama yang harus dilakukan tentu mencuci beras tersebut hingga bersih dan berikan air satu setengah buku jari (jika berasnya banyak) atau satu buku jari (jika berasnya sedikit).

Setelah selesai mencuci beras, Anda bisa mulai mengiris bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun bawang, dan kencur. Lalu masukan irisan tersebut ke dalam beras, jangan lupa untuk memasukkan daun salam, garam, dan minyak goreng juga. Aduk semuanya bahan tersebut sebelum dimasak.

Ketika proses memasak, panci harus ditutup rapat. Ketika air sudah berkurang setengahnya, ubah api ke dalam ukuran sedang/kecil agar matangnya merata dan tidak gosong di bagian bawahnya. Biarkan seperti itu hingga nasi liwet matang. Selama proses tersebut, tidak boleh diaduk-aduk.

Cara Membuat Beleum Peda

Untuk lauknya, Anda bisa menggunakan menu yang disukai. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang Sunda biasanya disajikan dengan ikan asin bakar atau lebih dikenal dengan beleum peda. Bagaimana cara membuatnya? Cukup mudah.

Pertama Anda hanya perlu membeli peda (ikan asin) yang Anda sukai. Atau jika Anda tidak tahu jenis ikan asin yang dijual di pasar, maka tanyak saja kepada penjualnya bahwa Anda memerlukan ikan asin bunting, ikan peda, atau peda merah. Jika masih susah mendapatkannya atau tak sesuai dengan selera, bisa diganti dengan cumi kering.

Jika sudah mendapatkan yang Anda inginkan, tahap kedua adalah menyiapkan tempat pembakaran dan daun pisang untuk membakar menu pendamping tersebut. Jika sudah, proses bisa dimulai dengan mencuci ikan asin tersebut dan membungkusnya dengan daun pisang yang tadi telah disiapkan.

Selanjutnya, Anda tinggal membakar ikan yang sudah dibungkus tersebut dengan api sedang agar tidak gosong. Jika Anda tidak memiliki daun pisang, maka ikan asin bisa dibakar langsung tanpa dibungkus terlebih dahulu.

Jika sudah matang, siram semua bagian ikan asin dengan miyak goreng agar rasanya menjadi gurih.

Cara Membuat Sambal Terasi

Pendamping lainnya adalah sambal terasi. Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan terasi udang, bawang merah, tomat, cabe rawit, gula merah, dan garam.

Selanjutnya, bakar terasi hingga matang, lalu bahan lainnya, seperti bawang merah, cabe rawit, dan tomat dipotong menjadi dua bagian, lalu digoreng sebentar dengan minyak panas.

Jika sudah selesai, maka Anda bisa menambahkan gula merah dan garam secukupnya, dan kemudian menguleknya hingga rata. Agar rasanya menjadi lebih segar, maka bisa ditambahkan perasan jeruk limo. Dan akan semakin lengkap jika Anda menyajikannya dengan irisan mentimun segar.

Selamat menikmati.