Loading...

5 Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Mengunjungi Job Fair

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Dunia Karir

job fair

TERUSKAN.COM – Semakin sempitnya lowongan pekerjaan, membuat acara job fair atau pameran lowongan kerja menjadi semakin marak diadakan. Hal tersebut tentu bertujuan agar para pencari kerja bisa terserap oleh perusahaan yang ada di Tanah Air. Entah itu perusahaan BUMN, BUMS, bahkan internasional.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika Anda (para pencari kerja khususnya) akan mengunjungi job fair. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kebingungan ketika mengunjungi  job fair terutama untuk Anda yang baru pertama kali mengunjunginya.

Loading...

Berikut adalah hal yang perlu diketahui ketika mengunjungi  job fair:

Lihat Perusahaan yang Berpartisipasi

Jika Anda menemukan brosur, pamplet, atau berita di akun media sosial Anda mengenai adanya  job fair, maka sebaiknya Anda lihat terlebih dahulu, perusahaan apa saja yang ikut berpartisipasi di acara tersebut.

Pada umumnya  job fair diikuti oleh beragam perusahaan, mulai dari perbankan, media, hingga otomotif. Namun, ada juga  job fair yang hanya menyediakan satu jenis perusahaan, seperti perusahaan yang bergerak di bidang media masa (Koran, majalan, dan TV).

Selain itu, hal ini bertujuan agar Anda bisa memilih terlebih dahulu perusahaan mana saja yang akan Anda taruh lamaran, ketika mengunjungi  job fair nanti.

Bawa Fotokopi Berkas Lengkap

Sebelum berangkat ke  job fair, maka sebaiknya siapkan berkas-berkas yang sekiranya diperlukan, seperti fotocopy Ijazah, transkrip nilai, CV, dan KTP. Harus diingat, hanya bawa fotocopy-annya saja, tidak perlu membawa berkas aslinya karena ditakutkan akan hilang ketika Anda berdesakan dengan pengunjung lainnya.

Agar lebih memudahkan Anda ketika akan menaruh lamaran, sebaiknya setiap satu berkas disatukan dalam satu amplop, jadi nanti Anda hanya tinggal memberikan satu amplop untuk satu lamaran yang Anda inginkan.

Tanyakan Lowongan yang Tersedia

Ketika sudah sampai di tempat job fair, jangan lupa untuk menanyakan kembali lowongan apa saja yang disediakan. Karena biasanya perusahaan tersebut hanya menyediakan lowongan tertentu saja.

Jadi, tidak semua posisi yang ada di perusahaan tersebut bisa Anda lamar ketika mengunjungi  job fair. Harus diingat lagi, mintalah penjelasan mengenai lowongan tersebut jika Anda tidak tahu atau kurang familiar dengan posisi tersebut. jadi, jangan sungkan untuk bertanya, karena ini demi Anda sendiri.

job fair

Melamarlah Pada Lowongan Kerja yang Sesuai

Jika Anda sudah menanyakan mengenai lowongan yang tersedia dan juga menanyakan bagaimana deskripsi pekerjaan di posisi tersebut, maka Anda bisa memilih sendiri apakah Anda akan menaruh lamaran Anda di posisi tersebut atau mengurungkannya?

Saran saya, jika memang lowongan tersebut sesuai dengan minat dan juga sesuai dengan jurusan perkuliahan Anda, maka taruhlah lamaran Anda.

Kenapa? karena semakin sesuai jurusan kuliah kita dengan lowongan yang tersedia, kesempatan untuk dipanggil dan melakukan test dan wawancara akan semakin besar. Karena biasanya perusahaan akan mencari kandidat dengan background pendidikan yang sesuai untuk lowongan tersebut.

Job Fair dan Outsourcing

Untuk yang satu ini, sebenarnya masih sulit untuk diketahui. Namun, berdasarkan pengalaman, memang ada beberapa acara job fair yang bekerja sama dengan perusahaan Outsoursing. Jadi, ketika nanti kita diterima kerja oleh suatu perusahaan, maka kita akan mendapatkan potongan gaji.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena tidak semua  job fair bekerja sama dengan perusahaan Outsoursing. Jikapun iya, potongan gaji tersebut hanya berlaku untuk beberapa bulan saja.