Loading...

5 Objek Wisata Menarik Di Kota Tasikmalaya

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Mungkin Anda sering mendengar nama Tasikmalaya, yang merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Barat dan hampir berbatasan dengan Jawa Tengah. Banyak orang mengenal kota tersebut dengan nama kota santri, dikarenakan memang banyak pesantren yang berdiri di daerah tersebut.

Ternyata Kota Tasik menyimpan objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di sana ada objek wisata alam, wisata kuliner, dan juga wisata belanja. Bagi Anda yang gemar berjalan-jalan atau backpacker, maka saran saya Anda harus mencoba mengunjungi kota santri tersebut.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Kota Tasikmalaya:

Loading...

1. Gunung Galunggung

KawahGalunggung

Gunung Galunggung adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Di sana Anda bisa mengunjungi kawahnya dan sangat bagus jika Anda berada di sana untuk menyaksikan sunrise. Tiket masuknya sekitar Rp15.000/orang.

Untuk naik ke kawahnya Anda tidak perlu khawatir karena kendaraan Anda bisa di bawa ke atas sana, dan kemudian Anda hanya perlu berjalan menaiki beberapa ratus anak tangga, yang memang sengaja dibuat untuk memudahkan para pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pemandian air panas yang terletak di bawahnya. Di sana Anda bisa mandi di kolam buatan atau di sungainya langsung,

Namun jika Anda ingin pergi ke air terjun yang ada di dalam hutan, maka Anda harus membayar Rp 10.000 lagi. Di sana Anda bisa berendam di bawah air terjun yang mengalirkan air hangat dan air dingin secara bersamaan pada satu tempat yang sama.

2. Situ Gede

situ gede

Untuk sampai ke sini, cukup mudah karena letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Tasik. Tiket masuknya sekitar Rp.8.000/orang. Di sini, Anda bisa berwisata kuliner, namun menu yang disediakan kebanyakan bertema ikan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan perahu dengan tiket Rp.10.000/orang. Dan saya sarankan untuk menggunakan perahu ketika sore hari, karena pantulan cahaya mataharinya akan sangat bagus. Dan ambillah beberapa foto ketika menggunakan perahu.

3. Kampung Naga

Kampungnaga

Mungkin objek ini sudah lumayan terkenal, namun banyak yang mengatakan bahwa objek wisata ini terletak di Garut, padahal sebenarnya terletak di Kotas Tasik dan kebetulan dekat dengan perbatasan Kota Garut.

Bagi Anda yang menyukai kebudayaan, maka objek ini wajib dikunjungi. Kenapa? Karena masyarakat di sini masih sangat tradisional dan tidak menggunakan listrik dalam kehidupannya. Ketika Anda datang ke sini, tidak ada tiket masuk, hanya saja Anda harus menyewa seorang guide karena ada beberapa daerah yang dilarang untuk dikunjungi.

Selain itu, Anda akan disuguhi  pemandangan alam yang indah dan mengesankan. Tapi ingat, tangga yang dituruni lebih banyak daripada tangga yang ada di Gunung Galunggung.

4. Sentra Batik di Mitra Batik

Sentra Batik

Ternyata, Kota Tasik juga mempunyai sentra batik. Jadi, bukan hanya Jogja dan Pekalongan saja yang punya sentra batik. Kawasan ini terletak di dekat tengah kota, dan sentra batik tersebut masih banyak yang menyatu dengan rumah sang penjual.

Kelebihan dari sentra batik ini adalah, si penjual menyediakan kain dan baju jadi. Namun, bukan hanya itu, di setiap toko biasanya menyediakan jasa jahit. Jadi, jika kita ingin membuat batik dengan motif dan gaya baju sesuai keinginan kita… di sinilah tempatnya.

Untuk ongkos jahitnya cukup murah, yakni Rp 50.000 saja. Untuk modelnya itu sesuai dengan keinginan kita dan biasanya selesai dalam waktu 3-4 hari. Untuk harga kainnya sendiri cukup beragam, mulai dari Rp55.000 hingga ratusan ribu, tergantung jenis dan kerumitan motifnya.

5. Sentra Anyaman bambu di Rajapolah

Sentra Anyaman bambu

Kawasan ini terletak agak di ujung kota, namun tidak terlalu jauh tentunya. Di sini Anda bisa membeli berbagai pernak-pernik rumah tangga yang hampir semuanya terbuat dari bambu dan kayu.

Banyak sekali barang yang tersedia, mulai dari tikar, topi, sandal, gelang, patung, tas, dan berbagai peralatan rumah tangga, baik yang berfungsi sebagai hiasan atau untuk keperluan sehari-hari.

Untuk masalah harganya tentu Anda bisa menggunakan keahlian tawar menawar Anda sendiri.

**

Nah, itulah 5 objek wisata menarik di Tasikmalaya. Sempatkan diri mengunjunginya jika Anda kebetulan berkunjung ke Tasikmalaya.

Selamat jalan-jalan!