Loading...

4 Tips Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Dunia Karir

Tips kerja dari rumah

TERUSKAN.COM – Perubahan kondisi saat bekerja dari kantor ke rumah mungkin akan sedikit membuat Anda berada pada kesulitan. Banyak orang yang memutuskan untuk bekerja dari rumah setelah bertahun-tahun bekerja di kantor, namun harus tetap mengelola waktu dengan efektif.

Saat Anda memilih mulai bekerja dari rumah, kesulitan seperti berkonsentrasi akan lebih terasa terlebih pada siang hari. Ini dikarenakan, kondisi rumah yang lebih nyaman dibanding kantor akan membuat Anda lebih tergoda untuk meninggalkan tugas yang seharusnya dikerjakan.

Loading...

Selain itu, pekerjaan rumah dan anak yang bermain di sekitar bisa menjadi penyebab buyarnya konsentrasi. Faktor-faktor inilah yang sering menjadi alasan utama mengapa tugas akan lambat terselesaikan.

Nah, untuk mengantisipasi itu semua, berikut kami bagikan pada Anda beberapa tips untuk membuat Anda tetap fokus saat berkerja di rumah.

1. Buat Jadwal

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk membuat jadwal kerja di rumah. Mulai dari membuat pengingat seperti alarm dan cara lainnya. Ini bisa menjadi cara yang efektif, asalkan diikuti dengan kesadaran diri dari Anda untuk konsisten melakukannya.

Sebagai contoh, ketika bangun, lakukan pemeriksaan email dan hal lain yang menyangkut pekerjaan. Setelah memeriksa, lakukan tugas Anda sebagai ibu rumah tangga. Setelahnya, Anda bisa melihat kembali pekerjaan apa yang harus dilakukan dan lebih fokus pada pekerjaan.

Anda hanya mengatur setiap jam di hari Anda untuk membuat segala sesuatunya berjalan lancar dan teratur.

2. Istirahat

Istirahat beberapa menit menjadi kunci membuat Anda tetap fokus saat bekerja. Tahun 1980-an, masyarakat Amerika memilih waktu tidur siang mereka sekitar jam 2-3 sekitar 5-15 menit.

Secara teoritis, tidur siang dengan kurun waktu tersebut tidak akan membuat Anda gelisah atau merasa buruk saat bangun, melainkan akan membuat Anda lebih segar bahkan tidur nyenyak di malam hari.

tetap fokus saat kerja di rumah

3. Meditasi

Beberapa orang menggunakan meditasi sebagai cara yang untuk memulai hari ketika bekerja dari rumah. Meditasi dapat menjadi cara untuk membuat Anda lebih fokus, memanfaatkan energi dan memecahkan banyak masalah.

Ada berbagai bentuk meditasi yang bisa Anda coba lakukan seperti Zen. Zen adalah cara meditasi dengan menatap ke dinding putih kosong untuk membersihkan pikiran Anda dari masalah dan memunculkan ide-ide baru yang lebih baik.

4. Bersantai Sejenak

Salah satu manfaat terbesar bekerja dari rumah adalah keleluasaan Anda untuk melakukan apapun tanpa terburu-buru atau takut melalui jam makan siang Anda.

Anda bisa melakukan sedikit peregangan dengan berolahraga, jogging, bermain bersama anak atau berjalan di luar. Cara ini akan memberikan keuntungan besar dengan pemikiran baru dan lebih segar.

**

Demikianlah 4 cara yang bisa Anda terapkan agar tetap fokus saat bekerja di rumah. Kuncinya, Anda hanya perlu mengatur waktu agar tetap fokus saat bekerja dan tetap konsisten melakukan apa yang sudah Anda atur. Dengan begitu, bekerja dari rumah tidak akan menjadi keadaan yang menyedihkan atau membosankan.

Semoga bermanfaat.